8 Fenomena Membingungkan yang Tidak Bisa Dijelaskan

8 Fenomena Membingungkan yang Tidak Bisa Dijelaskan

Naviri Magazine - Meski ilmu pengetahuan terus berkembang dari waktu ke waktu, namun ternyata masih banyak hal di sekitar kita yang tetap misterius dan belum mampu dijelaskan. Pengalaman mati suri, misalnya. Orang-orang yang pernah mengalami mati suri kerap menceritakan bahwa mereka menyaksikan lorong berwarna putih, atau melihat cahaya.

Ada banyak orang yang menceritakan hal itu, artinya kenyataan itu benar-benar terjadi. Tapi sampai sekarang tidak ada yang bisa menjelaskan apa “lorong putih” dan “cahaya” yang disaksikan orang-orang tersebut.

Berikut ini adalah delapan fenomena aneh yang ada di dunia kita, namun tidak dapat dijelaskan, dari pengalaman mati suri sampai suara aneh yang tidak jelas dari mana sumbernya.

Pengalaman mati suri

Orang yang pernah mengalami near death (menjelang ajal) kadang melaporkan beberapa pengalaman mistis (seperti pergi ke lorong dan muncul dalam cahaya, berkumpul dengan orang yang disayangi, mengalami kedamaian, dan lainnya). Itu mungkin menjelaskan adanya kehidupan sesudah mati.

Pengalaman yang dialami tidak dapat diduga, tak seorang pun membawa bukti atau info yang bisa diverifikasi. Mereka yang skeptis menduga bahwa pengalaman itu bisa dijelaskan sebagai halusinasi natural dari trauma otak, namun tidak ada cara yang pasti mengetahui apa penyebab fenomena ini.

Namun, yang jelas, fenomena ini sering terjadi pada seseorang yang mati suri atau mati sementara.

UFO

Tidak ada keraguan bahwa UFO (Unidentified Flying Objects) ada, banyak orang melihat benda-benda di langit yang tidak bisa diidentifikasi, mulai dari pesawat sampai meteor. Apakah obyek itu adalah pesawat alien, adalah masalah lain. Karena skenario seperti itu tentu akan muncul.

Namun, investigasi selama ini belum mampu membuktikan penyebab banyaknya laporan penampakan UFO, sehingga masih tidak dapat dijelaskan.

Dejà vu

Dejà vu berasal dari bahasa Prancis, yang artinya “already seen”, merujuk pada perasaan beda, membingungkan, dan misterius, yang pernah dialami pada keadaan tertentu sebelumnya.

Seorang wanita mungkin berjalan masuk ruangan, misal di luar negeri yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Namun dia merasakan bahwa penataan ruangan di sana sangat akrab dan familier.

Beberapa karakteristik déjà vu berhubungan dengan pengalaman batin dan penglihatan sekilas masa lalu. Penelitian pada psikologi manusia bisa menawarkan penjelasan lebih naturalistik, namun pada akhirnya penyebab dan asal muasal fenomena ini tetap masih misteri.

Hantu

Banyak orang melaporkan melihat hantu, baik berupa bayangan tidak dikenal, maupun hantu terkait orang yang dikenal. Meski bukti pasti mengenai keberadaan hantu masih diperdebatkan, banyak saksi yang melaporkan telah melihat, memotret, bahkan berkomunikasi dengan hantu.

Para pemburu hantu berharap, suatu saat arwah orang mati bisa berkomunikasi dengan yang hidup, sehingga jawaban jelas bisa didapat.

Orang-orang hilang misterius

Orang menghilang karena berbagai alasan. Kebanyakan melarikan diri, beberapa menghilang dari kecelakaan, beberapa diculik atau dibunuh, namun kebanyakan akhirnya ditemukan.

Tapi tidak demikian dengan orang-orang yang menghilang secara misterius. Mulai dari kru Marie Celeste sampai Jimmy Hoffa, Amelia Earhart, dan Natalee Holloway, mereka semua menghilang tanpa jejak, dan tak pernah ditemukan, sehingga keberadaannya tetap misteri.

Intuisi

Apakah akan dinamakan telepati, indra keenam, atau lainnya, kita semua pernah mengalami intuisi, baik sekali atau beberapa kali. Tentu saja, intuisi sering salah, namun kadang kala ada benarnya juga.

Psikolog mencatat bahwa orang tanpa sadar mengambil informasi mengenai dunia sekitar, menuntun kita untuk merasakan atau mengetahui informasi, tanpa tahu tepatnya bagaimana atau mengapa kita tahu mengenai hal itu. Namun, kasus intuisi sangat sulit untuk dibuktikan atau dipelajari.

Bigfoot

Selama puluhan tahun, makhluk berukuran besar, berambut, menyerupai manusia, yang dinamai Bigfoot, dilaporkan beberapa saksi mata di Amerika. Namun, tidak satu pun dari makhluk itu yang pernah ditemukan.

Ketiadaan bukti nyata semisal gigi, atau tulang, membuat turunnya kepercayaan, meski ada saksi yang mengaku melihat. Karena secara logika tidak mungkin membuktikan, ilmuwan pun tidak akan pernah bisa membuktikan makhluk seperti Bigfoot tidak ada, dan mungkin makhluk misterius itu bersembunyi jauh dari kita.

Suara aneh di Taos

Beberapa penduduk dan pengunjung kota kecil Taos, di New Mexico, sudah bertahun-tahun diganggu dan dipusingkan oleh dengungan frekuensi rendah yang lemah dan misterius di udara.

Anehnya, hanya 2 persen dari penduduk Taos yang melaporkan mendengar suara itu. Beberapa orang percaya, hal itu disebabkan suara tidak wajar, yang lain menganggap histeria massal, dan lain-lain.

Ada yang menggambarkannya sebagai suara desingan, senandung, sampai dengungan. Namun, yang jelas, tak seorang pun bisa mengetahui asal sumber suara tersebut.

Baca juga: Misteri 5 Tempat Rahasia yang Disensor Google Maps

Related

Science 6705323001353816623

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item