Hal-hal yang Merusak Ingatan, Hingga Kita Mudah Lupa

Hal-hal yang Merusak Ingatan, Hingga Kita Mudah Lupa

Naviri Magazine - Ingatan atau daya ingat manusia bisa dilatih untuk ditingkatkan, namun ada hal-hal yang juga bisa merusak kemampuan daya ingat kita. Latihan mengingat memang bisa meningkatkan daya ingat, sehingga kita tidak mudah lupa. Namun, seiring dengan itu, kita juga perlu mewaspadai hal-hal yang bisa merusak ingatan kita.

Beberapa hal seperti stres yang berlebihan, minimnya jam istirahat, hingga jam tidur yang tidak memadai, adalah hal-hal yang bisa merusak atau menurunkan daya ingat kita, hingga kita jadi mudah lupa.

Stres yang berlebihan dapat merusak beberapa wilayah otak dan menghancurkan sel-sel. Stres juga bisa menghambat proses informasi masuk ke otak. Selain itu, stres juga dapat mengubah struktur dan fungsi otak.

Menurut penelitian yang dilaporkan The New England Journal of Medicine, stres yang terjadi selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun bisa membunuh sel-sel otak dan neutron.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres juga akan memberikan pengaruh yang sangat besar pada bagian-bagian otak yang berhubungan dengan ingatan, termasuk hippocampus.

Hippocampus adalah bagian dari otak besar yang terletak di lobus temporal. Manusia memiliki dua hippocampus, yakni pada sisi kiri dan kanan. Hippocampus merupakan bagian dari sistem limbik, dan berperan pada kegiatan mengingat (memori) yang sangat penting dalam mengonsolidasikan ingatan terkini, dengan ingatan jangka panjang.

Artinya, jika terjadi kerusakan pada hippocampus maka proses penyimpanan informasi dalam gudang ingatan jangka panjang akan terganggu.

Selain itu, penyebab lain adalah kurangnya jam tidur. Hal tersebut diyakini dapat merusak konsentrasi dan kreativitas, yang secara signifikan akan mengurangi ingatan.

Menurut Dr. J. Allan Hobson, seorang profesor psikiatri di Harvard Medical School, agar mampu melakukan konsentrasi dengan baik, otak membutuhkan dua unsur kimiawi: noradrenalin dan serotonin. Untuk menghasilkan kedua unsur ini, otak sangat membutuhkan tidur, sehingga dapat merangsang bagian otak yang menghasilkan dua unsur kimia itu.

Baca juga: Kiat-kiat Meningkatkan Daya Ingat, agar Tidak Muda Lupa

Related

Psychology 2067294052209756377

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item