Ini yang Akan Terjadi, Jika Dinosaurus Masih Ada di Zaman Sekarang

Ini yang Akan Terjadi, Jika Dinosaurus Masih Ada di Zaman Sekarang

Naviri Magazine - Dinosaurus adalah hewan-hewan purba berukuran raksasa. Besarnya ratusan kali lipat dari hewan-hewan besar yang kita kenal sekarang. Dinosaurus pernah menjadi penguasa di muka bumi sekian juta tahun yang lalu, sampai kemudian meteor raksasa jatuh menghantam bumi dan memusnahkan mereka.

Karena dinosaurus telah punah jauh sebelum kita ada di bumi, maka kita pun hanya mengenal mereka lewat fosil-fosil yang ditemukan. Kira-kira, apa yang akan terjadi kalau saja dinosaurus dulu tidak punah, dan masih ada sampai zaman sekarang? Berikut ini adalah prediksi para ahli.

Dinosaurus selamat dari bencana meteor, 65 juta tahun lalu

Apa yang menyebabkan dinosaurus punah dari muka bumi? Dilansir dari Howstuffworks, dinosaurus punah karena jatuhnya meteor Chicxulub, 65 juta tahun yang lalu.

Bagaimana kalau asteroid itu tak pernah jatuh? Apakah teknologi tak berkembang, dan manusia menghabiskan sebagian hidupnya tinggal di dalam tanah, agar tak menjadi santapan dinosaurus?

Masih banyak bencana alam yang bisa membuat dinosaurus punah

Jauh sebelum meteor Chicxulub jatuh, 250 juta tahun lalu juga pernah terjadi bencana Permian–Triassic yang mengakibatkan lebih dari 90 persen populasi bumi musnah. Bisa jadi, setelah meteor Chicxulub jatuh, ada rentetan peristiwa alam yang menyebabkan dinosaurus tidak bisa bertahan atau berevolusi menyesuaikan keadaan.

Perubahan kecil dari iklim atau atmosfer saja bisa menyebabkan perubahan drastis pada kehidupan. Hal itu tentu memaksa semua spesies di bumi untuk beradaptasi dan berevolusi.

Bisa jadi, dinosaurus akan jauh berbeda dari zaman dulu

Dilansir dari The Guardian, jika dinosaurus tetap bertahan hingga sekarang, bisa jadi bentuknya akan jauh berbeda dari dinosaurus zaman dulu. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah proses evolusi yang panjang. Perubahannya bisa jadi menyesuaikan binatang-binatang yang ada seperti sekarang, dengan ukuran yang mengecil.

Bisa juga, peradaban manusia tak pernah ada

Kalau pun evolusi dinosaurus masih mempertahankan ukuran dan kemampuan mereka untuk berburu, bisa jadi peradaban manusia tak akan pernah ada. Sehingga, kita juga tak punya kesempatan untuk melihat mereka hidup di zaman sekarang.

Sebenarnya, masih ada dinosaurus yang hidup hingga sekarang

Salah satu dinosaurus yang masih hidup sampai sekarang adalah burung! Mereka berasal dari era Jurassic, dan berkerabat dengan kerabat non-avian mereka. Burung dianggap sebagai makhluk yang berbeda dari yang lain, karena mereka adalah dinosaurus.

Mungkin kita sulit menerima kenyataan jika melihat burung jalak atau pipit yang kecil mungil, dibandingkan dengan bayangan dinosaurus dengan ukuran raksasa. Namun, burung adalah dinosaurus yang masih kita miliki di bumi sekarang ini.

Di dunia ini selalu ada sebab dan akibat. Bisa jadi, sebab bumi bisa ditinggali manusia hingga sekarang karena dinosaurus telah punah jutaan tahun silam akibat hantaman meteor. Jadi, bersyukurlah dengan apa yang telah terjadi. Meski tak bisa benar-benar melihat dinosaurus raksasa, setidaknya kita masih bisa belajar dari fosil yang ada di museum, atau menikmati suguhan karya fiksi tentang dinosaurus.

Baca juga: Bagaimana Rayap Mencerna Makanannya?

Related

Science 2962351586539372471

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item