Mudskipper, Ikan Aneh yang Bisa Berjalan di Darat

Mudskipper, Ikan Aneh yang Bisa Berjalan di Darat

Naviri Magazine - Mudskipper adalah ikan yang hidup di rawa-rawa dan muara-muara yang berlumpur di pantai tropis. Mereka suka keluar dari air, kemudian berlari-lari di darat dengan menggunakan sirip dada yang kuat sebagai penopang.

Para ilmuwan menduga bahwa hewan dan tumbuhan pertama kali hidup di laut, dan berkembang biak di dalam air. Karena adanya kompetisi, organisme itu kemudian ada yang mencoba hidup ke darat.

Setelah hidup di darat, kembali terjadi kompetisi dalam memperebutkan makanan dan tempat hidup. Beberapa spesies diduga berusaha kembali ke air. Dalam upaya kembali ke air itu ada yang behasil, namun ada pula yang tidak.

Contoh hewan yang berhasil adalah lumba-lumba dan paus, yang kemudian sepenuhnya hidup di air, sedangkan yang tidak berhasil di antaranya buaya.

Bagaimana ikan bersembunyi di lautan yang gelap?

Banyak ikan yang hidup di laut dalam memiliki tubuh berwarna hitam atau warna gelap untuk menyesuaikan diri mereka dengan warna air laut dalam yang kehitam-hitaman. Namun, ikan-ikan yang lain memiliki tubuh transparan. Ikan yang hidup di laut dalam dapat mengkamuflasekan dirinya agar sama dengan lingkungan sekitarnya.


Related

Science 4942408535491299907

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item