Negara-negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia

Negara-negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia

Naviri Magazine - Pulau adalah sebuah daratan yang terbentuk secara alami yang dikelilingi air, dan selalu berada di atas permukaan air pada saat pasang tertinggi air.

Di dunia ini ada ratusan ribu pulau yang tersebar di berbagai wilayah, di banyak negara, dengan masing-masing karakteristik kontur dan kekayaannya yang beraneka ragam. Sebagian pulau-pulau itu dihuni manusia, sementara sebagian yang lain tidak berpenghuni.

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki pulau dalam jumlah banyak, bahkan sering disebut sebagai negara dengan pulau paling banyak di dunia. Sebenarnya, masih ada negara lain yang memiliki pulau lebih banyak dibanding Indonesia, yakni Finlandia. Berikut ini adalah negara-negara yang memiliki pulau paling banyak di dunia.

Finlandia

Republik Finlandia adalah negara Skandinavia yang juga termasuk negara Nordik. Finlandia memiliki perbatasan darat dengan Swedia, Norwegia, dan Rusia, sedangkan batas lautnya adalah Laut Baltik di barat daya, Teluk Finlandia di selatan, dan Teluk Bothnia di barat. Karena terletak di Eropa Utara, Finlandia menjadi anggota Uni Eropa.

Dengan luas wilayah mencapai 330.000 kilometer persegi, Finlandia memiliki banyak danau serta pulau. Ada 187.888 danau dan 179.584 pulau di negara tersebut.

Indonesia

Jumlah pulau di Indonesia bisa dibilang berubah-ubah dari tahun ke tahun, menurut berbagai lembaga yang pernah melakukan penelitian dan penghitungan.

Survei geografi dan toponimi terbaru, yang dilakukan pada 2007-2010 oleh Badan Informasi Geospasial (dulu Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional atau Bakorsurtanal), akhirnya menemukan jumlah yang dianggap akurat, yaitu sebanyak 13.466 pulau.

Jumlah itu berdasarkan inventarisasi dan verifikasi nama pulau serta penetapan koordinat tiap pulau dengan global positioning system (GPS). Angka itu pula yang dilaporkan ke Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Dari sekian banyak pulau di Indonesia, yang berpenghuni hanya sekitar 6.000 pulau.

Filipina

Filipina adalah negara republik di Asia Tenggara, terletak di sebelah utara Indonesia dan Malaysia. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan. Negara ini terdiri dari 7.107 pulau, namun hanya sekitar 4.000 yang telah dihuni.

Pulau-pulau itu dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu kepulauan Luzon, kepulauan Visayas, dan kepulauan Mindanao.

Luzon menjadi pulau terbesar di Filipina, sekaligus menjadi wilayah terpenting dalam bidang ekonomi dan politik. Luzon memiliki luas wilayah 104.688 kilometer persegi, yang menjadikannya sebagai pulau terbesar ke-15 dunia.

Jepang 

Jepang adalah negara kepulauan di Asia Timur, yang terletak di ujung barat Samudera Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, serta Rusia.

Jepang memiliki 6.852 pulau. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa, yang bertetangga dengan Taiwan.

Pulau-pulau utama di Jepang adalah Hokkaido, Honshu (yang merupakan pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97 persen wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau tersebut.

Pulau-pulau di Jepang sebagian besar bergunung-gunung, dan di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah gunung Fuji, yang termasuk gunung berapi.

Solomon 

Kepulauan Solomon atau Kepulauan Salomo adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik bagian selatan, yang terletak di sebelah timur Papua Nugini dan merupakan bagian dari Persemakmuran.

Negara ini memiliki 992 pulau yang secara keseluruhan membentuk wilayah seluas 28.450 kilometer persegi. Beberapa pulau yang terkenal di sana adalah Guadalcanal, Malaita, Santa Isabel, Makira, dan Sikaiana.

Nama Solomon atau Salomo yang disematkan pada negara kepulauan ini berasal dari Álvaro de Mendaña de Neira, seorang penjelajah Spanyol. Pada 7 Februari 1568, kapal penjelajah Spanyol yang dipimpin Álvaro de Mendaña mendarat di pulau Santa Isabel.

Fiji

Republik Kepulauan Fiji adalah negara kepulauan di selatan Samudera Pasifik, di sebelah timur Vanuatu, sebelah barat Tonga, dan sebelah selatan dari Tuvalu. Fiji memiliki 322 pulau, 106 di antaranya berpenghuni. Selain itu ada pula 522 pulau kecil, sehingga totalnya ada 844 Pulau.

Dua pulau terbesar di Fiji adalah Viti Levu dan Vanua Levu, yang penghuninya meliputi 82 persen dari keseluruhan penduduk negara ini. Ibukota Fiji juga terletak di pulau Viti Levu. Selain ibukota Fiji, kota penting lain yang ada di Vanua Levu adalah Labasa dan Savusavu.

Pulau-pulau lainnya yang penting di Fiji adalah Taveuni dan Kadavu (pulau ketiga dan keempat terbesar), dan Kepulauan Yasawa, yang merupakan destinasi wisata bagi para turis.

Bahama

Persemakmuran Bahama adalah negara yang terdiri dari 700 pulau di kawasan Karibia. Bahama dibatasi wilayah Florida, Amerika Serikat di sebelah barat, dan Kuba di sebelah selatan.

Dari 700 pulau yang dimiliki Bahama, pulau Abaco terletak di ujung paling timur, sedangkan pulau Inagua terletak di ujung paling tenggara. Keduanya menjadi pulau terkenal di sana.

Pulau terkenal lainnya ialah Eleuthera, Cat, San Salvador, Acklins, Crooked, Exuma, dan Mayaguana. Nassau menjadi ibukota Bahama, sekaligus kota terbesar di sana.

Mikronesia

Federasi Mikronesia adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik yang terdiri dari empat negara bagian dari barat ke timur, yaitu Yap, Chuuk, Pohnpei, dan Kosrae, yang tersebar di seluruh Samudera Pasifik Barat.

Negara ini memiliki 607 pulau yang merupakan gabungan dari wilayah seluas 702 kilometer persegi, dan membujur dengan jarak hampir 2.700 kilometer, tepat di utara khatulistiwa.

Mikronesia terletak di sebelah timur laut Pulau Papua, sebelah selatan Guam dan Kepulauan Mariana, sebelah barat Nauru dan Kepulauan Marshall, dan sebelah timur Palau serta Filipina.

Palau

Republik Palau (juga dieja sebagai Belau) adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik, 200 kilometer sebelah utara wilayah provinsi Papua Barat, 255 kilometer sebelah timur wilayah provinsi Maluku Utara, 500 kilometer sebelah timur wilayah provinsi Sulawesi Utara, dan 500 kilometer sebelah timur Filipina.

Negara ini merdeka pada 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama, dan sedikitnya 250 pulau kecil.

Palau adalah negara kecil kepulauan tropika yang terletak di sekitar khatulistiwa, sehingga menyebabkan wilayahnya memiliki beberapa blok hutan hujan tropika yang dihuni beragam jenis fauna. Sepuluh buah pulau di negara ini juga menjadi cagar alam, dan tiga pulau lainnya dijadikan taman wisata serta taman berburu.

Tonga

Kerajaan Tonga adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik bagian selatan, sekitar sepertiga perjalanan antara Selandia Baru dan Hawaii. Tonga terletak di sebelah selatan Samoa dan timur Fiji. Negara ini terdiri dari 176 pulau, 36 di antaranya berpenghuni.

Pulau terbesarnya ialah Tongatapu. Ibukota Tonga adalah Nuku’alofa. Secara administratif, Tonga dibagi ke dalam lima divisi, yaitu ‘Eua, Ha’apai, Niuas, Tongatapu, dan Vava’u. Luas total wilayah Tonga sekitar 748 kilometer persegi, dan 30 kilometer persegi di antaranya terdiri dari air.

Tonga menjadi negara protektorat Britania Raya pada 18 Mei 1900 berdasarkan Traktat Persahabatan. Status itu berakhir pada 4 Juni 1970 ketika Tonga memproklamasikan kemerdekaannya. Komisi Tinggi Britania Raya di Tonga yang telah berdiri sejak 1901 ditutup pada 2006.


Related

World's Fact 8300423017178445781
item