Sisi Lain Yakuza Jepang, Diam-diam Membantu Korban Bencana

 Sisi Lain Yakuza Jepang, Diam-diam Membantu Korban Bencana

Naviri Magazine - Di Jepang, ada kejahatan terorganisir yang biasa disebut yakuza. Mereka tak jauh beda dengan mafia di Italia, yaitu kelompok penjahat yang menguasai satu atau beberapa wilayah, dan menjalankan aneka kejahatan terorganisasi. Sosok mereka biasa digambarkan sebagai orang-orang bertampang serius, dengan tubuh penuh tato, dan tak segan bertarung dengan siapa pun.

Meski begitu, ternyata yakuza di Jepang memiliki sisi lain yang mungkin tak terbayangkan. Ketika Jepang beberapa kali dilanda bencana alam hebat, merekalah yang paling cepat tanggap dalam memberikan aneka bantuan.

Ketika wilayah Kobe di Jepang dilanda gempa bumi Great Hanshin pada Januari 1995, yang menewaskan lebih dari 6.000 orang dan membuat sekitar 40.000 lainnya luka-luka, sindikat yakuza terbesar di sana, Yamaguchi-gumi, segera turun tangan membantu mendistribusikan makanan dan air bersih kepada warga. Termasuk membuat dapur umum di beberapa titik lokasi bencana.

Enam belas tahun kemudian, tatkala mega-tsunami dan gempa dahsyat menghantam Tohoku pada Maret 2011, yang merenggut lebih dari 16.000 nyawa dan total kerusakan mencapai 360 miliar dolar, tiga sindikat yakuza paling kesohor di Jepang juga kembali menjadi pihak terdepan yang memberikan bantuan.

Mereka terdiri dari: Inagawa-kai (grup Yakuza ketiga terbesar di Jepang), Sumiyoshi-kai (kedua terbesar), dan Yamaguchi-gumi (terbesar).

Inagawa-kai mengirim berton-ton bahan bantuan seperti popok, ramen instan, baterai, senter, minuman, dan keperluan sehari-hari, ke beberapa wilayah bencana. Sumiyoshi-kai memastikan jaminan keamanan bagi seluruh pengungsi, dan mendirikan tenda darurat untuk menampung pengungsi, selain juga mengirim berbagai bahan pokok. Sementara Yamaguchi-gumi juga membuka puluhan tempat donasi dan mengirimkan berton-ton truk bahan bantuan.

Inagawa-kai menjadi pihak paling aktif kala itu, karena sindikat ini memiliki akar yang kuat di daerah tersebut, juga memiliki beberapa "blok" atau grup regional. Sejak tengah malam (12 Maret) hingga pagi hari (13 Maret), sindikat Inagawa-kai cabang Tokyo mengirim 50 ton bahan bantuan menuju Balai Kota Hitachinaka di Ibaraki.

Sementara sindikat dari Kanagawa juga turut mengirim 70 truk ke Fukushima: daerah pusat nuklir dengan potensi tingkat radiasi amat tinggi. Mereka bahkan menyebarkan bantuan tanpa perlindungan apapun.

Lalu pada April 2016, saat gempa bumi menghantam pulau Kyushu di Kunamoto, dan menewaskan sekitar 48 orang, sindikat yakuza lokal yang terafiliasi dengan Yamaguchi-gumi, Daimon-kai, juga dengan cepat membagi-bagikan bantuan, seperti produk saniter, makanan, serta air bersih.

“Bos (Tatsuya) Kiyosaki tengah berada di Kobe pada 14 April, namun ketika gempa besar melanda Kunamoto, dia bergegas kembali ke sana. Seorang korban mengatakan ‘saya hanya memiliki satu buah onigiri (bola nasi) sejak gempa dan tidak memiliki apa-apa lagi untuk memberi makan anak-anak saya. Dia melakukan tindakan sederhana semampunya dan mengatur persediaan bantuan agar dikirim ke sini’,” ungkap salah satu anggota Daimon-kai yang tidak ingin disebutkan namanya, sebagaimana dilansir Japan Today.

Dari berbagai tindakan mereka, ada dua hal yang dapat ditelisik. Pertama, sindikat yakuza selalu menjadi pihak pertama dibanding pemerintah yang mengirim bala bantuan, saat Jepang mengalami bencana. Kedua, dan ini yang menarik: pada sindikat tersebut tidak ingin warga tahu bahwa mereka yang mengirim bantuan.

Salah seorang anggota Yamaguchi-gumi, yang ditemui Jake Adelstein dari Daily Beast, mengatakan:

"Kami telah berusaha semampunya untuk membantu, tolong jangan katakan apapun selain dari ini. Tidak ada pihak yang ingin disangkutpautkan dengan kami saat ini, dan kami juga berharap donasi kami tidak ditolak.”

Tentu saja masa silam yakuza yang berlumur darah dan dosa tidak dapat dilupakan. Namun ketika bencana alam terjadi, kemanusiaan adalah segalanya. Dan untuk itu, meski sesaat, dunia mestinya tidak dilihat dengan hitam dan putih.


Related

World's Fact 6902953470745707776

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item