Mengenal Perbedaan Demonologist, Demonolatry, dan Exorcist

Mengenal Perbedaan Demonologist, Demonolatry, dan Exorcist

Naviri Magazine - Metode klasifikasi demons telah banyak dilakukan sepanjang sejarah studi demonologi.

Beberapa kajian paling banyak mengambil sumber dari sudut pandang Barat; seperti teologi Kristen (teks-teks karya pseudografikal Raja Salomo, studi biblikal), okultisme klasik, dan pemahaman sihir pada masa renaisans (Artes magicae), sehingga secara tidak langsung memang banyak literatur tertulis maupun grimoires tentang demonologi yang dihasilkan kebanyakan merujuk ke sumber-sumber tersebut, dibanding studi demonologi pada sudut pandang kepercayaan yang lain (seperti Hindu, Buddha, Semitik Kuno, dll.)

Sistem pengklasifikasian pada umumnya ditentukan berdasarkan beberapa faktor, seperti asal usul demon, serangan/infestasi yang sering mengakibatkan hal yang buruk pada manusia, dan karakteristik lainnya.

Contoh: Hierarki 72 demon dalam buku Ars Goetia dengan Ba’al sebagai demon tingkat tertinggi (gelar “King”).

Perbedaan Demonology dengan Demonolatry

Demonologi dan Demonolatry seringkali disalahartikan satu sama lain, dan secara keliru sering disamakan artinya oleh orang yang tidak mengetahui perbedaan antara keduanya. Mudah-mudahan, pembahasan ini bisa mengoreksi kekeliruan itu.

Demonology berhubungan dengan studi tentang klasifikasi dan sifat-sifat demons, sementara demonolatry lebih mempunyai arti yang berkaitan dengan penyembahan dan summoning demons. Orang yang mempelajari demonology disebut demonologist, sedangkan yang mempelajari demonolatry disebut demonolator.

Jadi, sangat jelas sekali bahwa kedua hal tersebut memiliki pengertian yang berbeda.

Mengenai demonolatry, apa sebenarnya yang dimaksud demonolatry? Segala yang berhubungan dengan penyembahan terhadap demons ataupun ritual-ritual yang digunakan untuk berhubungan dengan demon secara langsung, untuk kepentingan apapun; termasuk dalam topik demonolatry.

Perbedaan Demonologist dengan Exorcist

Seorang demonologist pada dasarnya dapat diartikan sebagai orang yang telah belajar dan memahami studi demonologi secara mendalam, dan mampu mengetahui jenis demon serta menguraikan gejala atau ciri-ciri infestasi (serangan) demon tersebut korbannya.

Syarat untuk bisa disebut sebagai seorang demonologist sejati sangat banyak, dan melalui proses yang cukup panjang dalam pembelajaran dan pembinaan oleh seorang demonologist senior. Tugas seorang demonologist mencakup investigasi seputar sifat, infestasi, dan akibat buruk yang diakibatkan oleh demon possession terhadap kliennya/korban demonic possession.

Seorang demonologist tidak berhak menjalankan ritual pengusiran setan (Solemn Ritual of Exorcism) terhadap korban demonic possession, dan ritual tersebut tidak termasuk bagian pekerjaan seorang demonologist.

Jadi, seorang demonologist bisa dikatakan seperti seorang “investigator” terhadap kasus-kasus demonic possession. Dengan katalog demon, pemahaman demon yang mendalam, serta metode psikoanalisis khusus terhadap korban demonic possession, seorang demonologist diharapkan mampu menemukan demon jenis apa yang menginfestasi korban.

Seorang demonologist bisa bekerja secara independen, dalam hal ini biasanya ber-partner dengan paranormal atau mediator spiritual; ataupun bekerja dalam asosiasi dengan gereja, dalam hal ini ber-partner dengan exorcist.

Pada sisi lainnya, yaitu seorang Exorcist, biasanya merupakan seorang imam atau pastor yang telah ditahbiskan secara sah serta memiliki pengetahuan yang cukup dalam demonologi maupun ritual-ritual lainnya untuk mengusir infestasi demon pada korban demonic possession.

Biasanya dalam kasus demonic possession, seorang exorcist bekerja sama dengan demonologist dalam penyelesaian kasus tersebut; yang biasanya melalui beberapa tahapan seperti investigasi, analisis gejala infestasi, uji kepositifan infestasi demon (tahapan pertama), kemudian setelah dinyatakan positif terjadi infestasi pada korban, barulah suatu ritual exorcise dilakukan oleh seorang exorcist (tahapan kedua).

Baca juga: Misteri Nordics, Alien Mirip Manusia yang Membaur dengan Kita

Related

Mistery 9141636967875196857
item