Kelelawar, Hewan Mamalia Pemilik Otot Super Cepat

Kelelawar, Hewan Mamalia Pemilik Otot Super Cepat

Naviri Magazine - Tahu tidak, kelelawar adalah hewan mamalia yang memiliki otot supercepat. Otot supercepat itu terletak di tenggorokannya, dan membuat kelelawar bisa menghasilkan ekolokasi.

Ekolokasi adalah suatu proses ketika kelelawar mengeluarkan gelombang suara, dan gelombang tersebut memantul kembali kepadanya setelah membentur mangsa. Dengan cara itu pulalah kelelawar bisa memburu santapannya.

Ketika makin dekat pada mangsa, kelelawar akan mengeluarkan 160 “panggilan” per detik. “Panggilan” itu akan sampai pada si mangsa, lalu memantul kembali pada kelelawar, dan memberitahu di mana letak si mangsa. Fenomena itu disebut “terminal buzz”.

Keberadaan otot supercepat pada tenggorokan kelelawar itulah yang memungkinkannya mengeluarkan panggilan sebanyak itu dalam waktu yang sangat singkat.

Meski demikian, otot supercepat itu hanya memungkinkan panggilan dalam batasan tertentu saja, artinya tidak bisa dilakukan terus-menerus. Namun, itu pun sudah cukup bagi kelelawar untuk mengumpulkan info mengenai calon mangsanya.

Baca juga: Menurut Penelitian Ilmuwan, Hiu Ternyata Buta Warna

Related

Science 3417960190899742704

Recent

item