Kamu Bisa Menjadi Manusia Super Kalau Punya Organ Ini

Kamu Bisa Menjadi Manusia Super Kalau Punya Organ Ini

Naviri Magazine - Sebagai manusia, kita memiliki aneka kemampuan yang memungkinkan kita melakukan banyak hal. Namun, bagaimana pun, kemampuan kita terbatas. Sebagai contoh, kita dapat berjalan di tanah padat, tapi tentu tidak bisa berjalan di atas air. Kita juga bisa melihat aneka hal di sekitar, tapi kita tidak bisa melihat inframerah atau ultraviolet.

Yang menakjubkan, kemampuan-kemampuan yang tidak kita miliki justru dimiliki oleh hewan. Berikut ini adalah organ-organ istimewa yang dimiliki hewan, yang mungkin akan membuat kita jadi manusia super kalau saja kita juga memilikinya.

Planaria

Sel Planaria dimiliki oleh cacing planaria, yang menyebabkan cacing pipih ini mempunyai kemampuan untuk meregenerasi anggota badan mereka sesuka hati. Jadi, si planarian ini dapat mengkloning dirinya sendiri, termasuk kepala, fungsi otak, dan sistem sarafnya sendiri.

Ketika tubuh planarian dipotong, kepalanya akan menumbuhkan tubuh baru, sedangkan tubuh yang terpotong dapat menumbuhkan kepala baru lagi. Jika dipotong dengan cara tertentu, planarian bisa mengkloning dirinya menjadi 10 bagian.

Vomeronasal 

Organ ini disebut juga organ Jacobson, yang terdapat pada rongga mulut ular (juga komodo) yang dapat membantu melacak mangsa pada jarak jauh.

Jadi, setiap partikel jejak dari mangsa ular akan masuk ke organ vomeronasal melalui lidah ular, kemudian organ ini akan menganalisis partikel tersebut dan menentukan ke arah mana jejak mangsa tersebut.

Hati katak kayu Alaska

Organ hati yang dimiliki katak kayu Alaska dapat memperlambat metabolisme tubuhnya secara ekstrem untuk bertahan hidup, khususnya ketika cuaca sangat dingin.

Glukosa yang dihasilkan hati mengalir ke aliran darah, dan glukosa tersebut yang menjadi antibeku alami pada tubuh katak ketika musim dingin, dan akan mencair ketika musim semi tiba.

Jadi, katak ini dapat hidup meskipun tanpa energi dan oksigen. Organ ini berguna jika kita menghadapi cuaca ekstrem ketika mendaki gunung Everest.

Mata Ophiocoma Wendtii

Ophiocoma Wendtii atau OW mempunyai kemampuan visual yang luar biasa. OW dapat melihat ke segala arah dari semua bagian tubuhnya, dan hal ini terjadi karena tubuh OW ditutupi lensa sekecil bola kristal, yang tentunya bisa digunakan untuk melihat dan melarikan diri dari pemangsa.

Coba bayangkan kalau kita punya mata ini, mungkin kita bisa melihat setiap folikel rambut di tubuh kita.

Mata udang mantis

Kalau Mata OW dapat melihat hal di sekitar tubuh dengan akurat, mata udang mantis dapat melihat cahaya gelombang ultraviolet sampai infrared, karena memiliki 12 sampai 21 fotoreseptor di dalam matanya.

Udang mantis memiliki penglihatan yang terbaik di dunia, layaknya satelit di luar angkasa. Bayangkan jika kita mempunyai mata seperti itu, mungkin kita bisa melihat indahnya warna elemen di bumi.

Kaki kadal hijau basilisk

Kaki kadal ini mampu membuatnya berjalan di atas air. Kaki ini dapat menyimpan udara di dalamnya, yang memungkinkan kadal ini dapat berjalan di atas air. Organ ini mungkin berguna bagi kita yang belum bisa berenang.

Sayap burung hantu

Sebagai hewan nokturnal, burung hantu dapat menangkap mangsa dengan ketepatan 99% akurat. Hal ini dikarenakan sayapnya yang luas, dan memiliki bulu yang bergerigi, sehingga dapat memecah turbulensi udara dan meredam suara udara, sehingga ia dapat terbang bak siluman tanpa menghasilkan suara.

Mungkin organ ini cocok untuk pembuatan teknologi jet siluman yang menghabiskan dana yang cukup banyak.

Baca juga: Benda-Benda Ini Akan Lenyap Dalam 20 Tahun Mendatang

Related

Science 8691055834359364168
item