Benda-Benda Ini Akan Lenyap Dalam 20 Tahun Mendatang

 Benda-Benda Ini Akan Lenyap Dalam 20 Tahun Mendatang

Naviri Magazine - Di masa lalu, ada benda yang menjadi andalan para pengguna komputer, yaitu disket. Disket adalah sarana penyimpan data, namun dalam ukuran kecil. Saat pengguna komputer ingin menyimpan suatu data, mereka akan menyimpannya di dalam disket.

Kini, disket sudah lenyap, karena keberadaannya sudah digantikan flashdisk yang lebih kecil sekaligus lebih mampu menyimpan data dalam jumlah besar.

Selain disket, ada benda lain yang di masa lalu pernah populer, tapi sekarang sudah hilang. Yaitu kaset. Kaset adalah sarana untuk menikmati musik. Ketika CD dan VCD mulai muncul, kaset perlahan-lahan ditinggalkan.

Hal semacam itu akan terus terjadi pada benda-benda lain di sekitar kita. Dan berikut ini adalah benda-benda yang saat ini masih ada, namun diperkirakan akan lenyap dalam dua puluh tahun mendatang.

Kaca spion

Perusahaan mobil sedang gencar-gencarnya mengembangkan teknologi auto-driver dengan bantuan robot. Salah satu teknologinya adalah mengganti kaca spion dengan kamera, yang dapat lebih efisien dalam penggunaannya.

Tower pemancar sinyal

Kabar gembira untuk kalian yang sering mengeluh karena tiba-tiba sinyal ponsel error dan lemot. Sebuah perusahaan induk Qualcomm, yang bekerja sama dengan Facebook dan Yahoo, sedang mengembangkan teknologi LTE Direct untuk menggantikan fungsi tower telepon, sehingga pengguna smartphone dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa terganggu sinyal yang buruk.

Namun, penggunaan teknologi ini ada jarak jangkauannya, yaitu 500 meter.

Remote control

Banyak perangkat sekarang sudah bisa terhubung ke Wi-Fi, yang artinya kalian bisa mengontrol apapun melalui komputer, tablet, smartphone, dan smartwatch. Kalian tidak perlu repot-repot mencari remot teve atau AC lagi, juga tidak perlu mengganti baterainya kalau sudah habis.

Beberapa perusahaan besar sudah mengembangkan teknologi untuk menggantikan fungsi remote control, seperti Google Home dan Amazon Alexa, yang bisa mengontrol lampu dan perangkat di rumah hanya dengan suara.

Kartu kredit

Ketika pertama kali diperkenalkan untuk umum, sekitar 70 tahun yang lalu, kartu kredit dianggap lebih cepat dan efisien dalam pembayaran. Namun, untuk 20 tahun ke depan, apakah kartu kredit masih digunakan?

Beberapa perusahaan seperti Starbucks dan McDonald sedang mengembangkan pembayaran melalui aplikasi smartphone. Hanya dengan satu ketukan di layar smartphone, kita bisa melakukan pembayaran hanya dengan pemindaian sidik jari saja.

Kunci logam

Banyak perangkat di dunia yang menggunakan kunci logam, seperti rumah, kendaraan, lemari, brankas, dsb. Teknologi untuk mengganti kunci logam sebenarnya sudah ada, namun belum diperuntukkan untuk umum. Seperti kendaraan roda empat, sudah memiliki tombol start hanya dengan sebuah tanda pengenal elektrik dari penggunanya.

Bayangkan jika kalian hanya menekan tombol di smartphone, atau dengan perintah suara, pemindaian sidik jari dan retina, bisa digunakan untuk membuka kunci rumah, tampaknya rumah jadi lebih aman dari perampokan.

Percaya atau tidak, dalam kurun waktu 20 tahun ke depan, teknologi tanam implan kecil di tangan akan berfungsi untuk mengontrol semua perangkat, termasuk keuangan.

DVD

Pada awal 2000-an, VHS tidak lagi digunakan ketika DVD diperkenalkan, sama halnya dengan disket.

Namun, 20 tahun ke depan, DVD mungkin sudah masanya untuk berakhir, dengan munculnya layanan streaming seperti Netflix dan Youtube, yang memiliki layanan on-demand untuk mengurangi kebutuhan membeli DVD, dan dimungkinkan buku juga akan sepenuhnya dikembangkan menjadi format digital.

Charger ponsel

Mungkin kalian cukup kesal ketika sedang di luar, dan melihat baterai smartphone tinggal 10%, dan lupa membawa charger atau lupa membawa power bank.

Perusahaan-perusahaan smartphone sedang membuat sebuah perangkat menggunakan gelombang radio dan Wi-Fi untuk mengisi daya baterai smartphone, jadi kelak kalian tak perlu khawatir jika lupa membawa charger lagi.

Uang tunai

Mungkin saat ini uang tunai masih menjadi favorit bagi beberapa kalangan. Namun, dengan adanya online banking, mungkin ke depannya pemerintah setiap negara akan beralih ke mata uang digital untuk menekan anggaran mencetak uang kertas.

Saat ini sudah banyak negara yang menggunakan pembayaran secara digital, mungkin kalian termasuk di dalamnya?

Jarum suntik

Berbahagialah kalian yang takut dengan jarum suntik. Peneliti yang bekerja sama dengan MIT telah mengumumkan 2 proyek baru untuk menggantikan metode suntikan menggunakan jarum.

Proyek pertama adalah mengembangkan teknologi jet-injection, yang dapat menembakkan zat lebih cepat daripada kecepatan suara melalui kulit secara mikroskopis.

Yang kedua adalah membuat kapsul berisi jarum mikroskopis. Ketika kalian menelan kapsul tersebut, kapsul akan hancur di lambung, sedangkan jarum mikro akan pecah oleh sistem pencernaan kita.

Bioskop

Buat yang merasa jenuh melihat antrean panjang di bioskop dan kehabisan tiket, tak perlu khawatir karena beberapa stasiun televisi sedang mengembangkan program bioskop online yang bisa kalian nikmati di rumah. Disediakan juga fitur 3D dalam program tersebut, dengan menggunakan Virtual Reality.

Baca juga: Inilah 11 Orang yang Mengubah Wajah Teknologi Dunia Modern

Related

Technology 4617222684724785962
item