Dampak Tak Terduga yang Disebabkan Masalah Pencernaan

Dampak Tak Terduga yang Disebabkan Masalah Pencernaan

Naviri Magazine - Kadang-kadang perut kita sakit melilit setelah makan sesuatu, misal yang pedas. Sakit yang timbul itu menunjukkan tanda kalau pencernaan kita bermasalah.

Ketika mengonsumsi sesuatu, artinya kita memasukkan makanan atau minuman ke dalam tubuh. Di dalam tubuh, makanan atau minuman itu akan dicerna oleh organ pencernaan. Jika ada yang tidak beres, timbul rasa sakit.

Namun, masalah yang ditimbulkan oleh pencernaan tidak hanya sakit perut. Berikut beberapa dampak lain yang bisa disebabkan oleh masalah pencernaan.

Merusak suasana hati

Kurangnya pencernaan yang baik tidak hanya dapat menyebabkan iritasi, kekurangan energi dan kelemahan, tapi juga dapat memengaruhi suasana hati dan rasa kebahagiaan secara keseluruhan.

Bahkan, penelitian telah menemukan kaitan antara penyakit pencernaan dan gangguan psikologis seperti kecemasan dan depresi.

Memengaruhi kulit wajah

Menurut konsultan nutrisi, Monica Auslander Moreno, usus adalah pintu gerbang ke banyak sistem organ lain, termasuk wajah. "Peradangan dari makanan dengan glikemik tinggi, bahkan susu pada orang yang rentan, dapat menyebabkan peningkatan jerawat."

Bila Anda memiliki kepekaan terhadap makanan atau intoleransi, seperti celiac, bisa berisiko mendapatkan lesi kulit.

Merusak kepercayaan diri

Masalah pencernaan dapat membuat Anda tidak nyaman secara fisik dan mental.

Dalam jurnal Neurogastroenterology & Motility, ditunjukkan bahwa gejala masalah pencernaan terkait erat dengan rasa percaya, kepercayaan diri, rasa aman soal keuangan, perasaan dicintai, dan rasa kemandirian.

Masalah persendian

Kata Monica, pada orang dengan penyakit autoimun tidak terdiagnosis atau tidak diobati seperti celiac, lupus, multiple sclerosis, dan rheumatoid arthritis, makanan bisa bocor melalui persimpangan usus dan berkontribusi pada peradangan sistemik. Kadang-kadang, rasanya terasa seperti nyeri sendi.

"Jika Anda menduga nyeri sendi, mungkin ini karena penyakit autoimun tidak terdiagnosis. Konsultasikan dengan dokter untuk dilakukan pengujian memadai, kemudian ahli diet, untuk membuat protokol diet untuk mengurangi peradangan."

Melemahkan sistem kekebalan tubuh

Bakteri usus seimbang dapat memengaruhi pencernaan dan metabolisme tubuh. Ketika tubuh memiliki terlalu sedikit atau terlalu banyak bakteri tertentu, dapat menempatkan Anda pada risiko berbagai jenis penyakit.

Menyebabkan stres

Siklus stres dan pencernaan buruk dapat membahayakan kesehatan dan kebahagiaan dari waktu ke waktu. Untuk itu, Anda bisa mulai memperhatikan kesehatan pencernaan untuk mencegah berbagai penyakit.

Jadi, agar terhindar dari masalah pencernaan, Anda bisa mulai menjaga kesehatannya lebih baik lagi.

Baca juga: Tips Sehat: Mewaspadai Penyakit-penyakit Kronis Sejak Muda

Related

Health 5031095268728441838

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item