Perlu Tahu, Ini 10 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

 Perlu Tahu, Ini 10 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Naviri Magazine - Kepercayaan diri adalah hal penting bagi setiap orang, karena dengan kepercayaan diri itulah kita bisa menghadapi kehidupan dengan perasaan lebih baik, bisa berinteraksi dengan orang lain secara lebih baik, dan bisa membangun harapan hidup yang juga lebih baik.

Sebaliknya, ketiadaan rasa percaya diri (alias rendah diri) bisa membuat kehidupan tampak kelabu, tanpa harapan, dan sulit bisa berinteraksi dengan orang lain secara baik.

Sebagaimana hal lain, rasa percaya diri sebenarnya bisa dilatih. Dalam hal ini, kita bisa belajar pada Norman Vincent Peale, seorang motivator terkenal dunia, yang kerap mengajarkan panduan tentang cara menikmati kehidupan secara sepenuhnya.

Berikut ini adalah sepuluh tips meningkatkan kepercayaan diri, sebagaimana yang diajarkan Norman Vincent Peale:

1. Formulasikan dan camkan di pikiran tentang gambaran mental diri sendiri yang sukses. Pertahankan gambaran diri ini, dan jangan pernah biarkan menjadi kabur. Otak akan berusaha keras mangembangkan dan merealisasikan gambaran ini. Jangan pernah berpikir gagal, jangan pernah meragukan relitas imajinasi mental tentang kesuksesan. Benak kita selalu berusaha keras mewujudkan apa yang digambarkan. Karena itu, selalulah menggambarkan “kesuksesan”, tak peduli betapa buruk keadaan fakta yang tampak ada.

2. Setiap kali pemikiran-pemikiran negatif tentang kekuatan personal muncul di otak, segeralah menyuarakan pemikiran-pemikiran positif untuk menghadangnya.

3. Jangan membangun rintangan-rintangan dalam imajinasi sendiri. Kikis setiap rintangan itu. Kurangilah hingga sedikit mungkin. Segala kesulitan harus dipelajari, lalu dihadapi secara efisien dengan tujuan untuk disingkirkan.

4. Jangan kagum berlebihan pada seseorang, sehingga kita mencoba meniru dia. Tak seorang pun benar-benar bisa menjadi dia selain dia sendiri. Ingat, meski dia berpenampilan dan berprilaku sangat percaya diri, tak jarang juga punya perasaan takut atau ragu.

5. Sedikitnya sepuluh kali sehari, ulangi kata-kata dinamis ini; “Jika Tuhan bersama saya, siapa yang bisa menghalangi saya?” Ucapkan kalimat itu dengan perlahan tapi mantap, untuk membangkitkan kepercayaan diri sendiri.

6. Cari penasihat yang kompeten untuk konsultasi, sehingga kita lebih mudah memahami mengapa melakukan hal yang kita lakukan. Pelajari akar dari rasa rendah diri dan keraguan yang mulai muncul pada masa anak-anak. Pengetahuan terhadap diri sendiri bisa menggampangkan penyembuhan.

7. Sedikitnya sepuluh kali dalam sehari, latihlah penegasan berikut. Ulangi kata-kata ini dan ucapkan dengan keras jika mungkin. ”Saya bisa melakukan segalanya melalui Tuhan yang telah memperkuat saya”. Ulangi kalimat itu. Pernyataan ajaib itu obat paling mujarab untuk mengatasi pikiran-pikiran rendah diri.

8. Hitung perkiraan kemampuan sendiri, lalu naikkan 10%. Jangan jadi egoistis, tapi kembangkan penghargaan pada diri sendiri. Yakni pada kekuatan yang sudah dikeluarkan Tuhan di diri kita.

9. Pasrahkan diri pada takdir Tuhan. Untuk melakukannya, nyatakanlah; “Saya berada di tangan Tuhan”. Lalu yakinilah kita menerima semua kekuatan yang kita butuhkan. ”Rasakan” alirannya ke seluruh tubuh. Yakinkan diri bahwa “kerajaan Tuhan ada di dalam diri” dalam bentuk kekuatan yang memadai untuk memenuhi tuntunan hidup.

10. Ingatkan diri bahwa Tuhan selalu menyertai sehingga tak ada sesuatu pun yang mengalahkan kita.

Baca juga: Mengenal Inferiority Complex atau Sindrom Rendah Diri

Related

Psychology 5591065759159927403

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item