Kisah di Balik Nosferatu, Film Horor Terbaik Sepanjang Masa

Kisah di Balik Nosferatu, Film Horor Terbaik Sepanjang Masa

Naviri Magazine - Ada karakter fiktif terkenal yang sosoknya telah berkali-kali diangkat ke layar lebar, yaitu Dracula. Sosok Dracula pertama kali muncul dalam novel yang ditulis oleh Bram Stoker. Dari dulu sampai sekarang, sosok Dracula masih sering muncul dalam film.

Pada 1922, film Jerman berjudul Nosferatu dirilis. Film ini adalah adaptasi tak resmi dari novel Dracula karya Bram Stoker. Dibilang tak resmi, karena memang tak ada izin dari pemegang hak cipta Dracula. Karenanya, tokohnya pun diganti. Tokoh Count Dracula diganti menjadi Count Orlok. Dan vampir menjadi Nosferatu.

Film ini kemudian bikin geger pewaris Stoker. Kemudian, mereka menuntut perusahaan yang memproduksi film karya F. W. Murnau ini. Mereka menang. Pengadilan memerintahkan semua kopi film ini dimusnahkan. Tapi ada beberapa kopi yang masih tersisa, dan akhirnya membuat film ini bisa ditonton banyak orang.

Nosferatu, ujar kritikus film Phil Hall, adalah salah satu film cult generasi awal. Para penggemarnya nyaris tak berbeda dengan pengikut sekte: mencintai dengan keras kepala, penuh kesungguhan, bahkan nyaris mirip dengan pengabdian.

Kopi film Nosferatu disebarkan secara ilegal oleh para penggemarnya. Pada 2015, nyaris seabad sejak dirilis, Nosferatu dinobatkan sebagai film horor terbaik kedua sepanjang masa oleh situs film Rotten Tomatoes.

Baca juga: Sinopsis dan Ulasan Lengkap Film Horor The Nun

Related

Film 4618401152439064961

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item