Mengapa Penguin Emperor Suka Berkumpul dan Berkerumun?

Mengapa Penguin Emperor Suka Berkumpul dan Berkerumun?

Naviri Magazine - Penguin emperor telah mengembangkan perilaku sosial yang unik, yaitu berkerumun dengan sekelompok penguin yang kadang jumlahnya mencapai ribuan. Perilaku itu rupanya merupakan bagian dari upaya mempertahankan diri dari cuaca dingin yang mengganas.

Ketika cuaca dingin memuncak, penguin emperor akan meringkuk bersama dalam kelompoknya. Dengan saling berkerumun, maka luas permukaan total dari tubuh penguin untuk kehilangan panas jadi sangat jauh berkurang, sehingga mereka bisa tetap merasa hangat.

Dalam kerumunan untuk upaya menjaga kehangatan tubuh itu, penguin empreror bahkan telah mengembangkan sistem “rotasi”.

Penguin yang berada pada lapisan kerumunan paling luar perlahan-lahan akan masuk ke pusat kerumunan di bagian dalam, dan seiring dengan itu penguin-penguin lain akan bergantian menghadapi angin dingin.

Tanpa berkerumun, penguin emperor akan kesulitan untuk dapat berkembang biak di musim dingin Antartika yang ganas. Anak penguin yang baru menetas juga akan meringkuk bersama untuk menghangatkan diri, ketika mereka ditinggal induk mereka yang harus pergi mencari makanan.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Nyamuk Mengisap Darah Kita

Related

Science 735839722840223937

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item