Mengenal Jenis-jenis Pistol yang Populer di Dunia

Mengenal Jenis-jenis Pistol yang Populer di Dunia

Naviri Magazine - Meski kita mungkin tidak pernah menyentuh apalagi memilikinya, namun pistol adalah benda yang sering kita lihat, khususnya dalam film aksi. Dalam film-film Hollywood atau film India, misalnya, sangat sering tokohnya mengeluarkan pistol, lalu menembakkannya pada sasaran yang dituju.

Selain pistol, senjata lain yang sama populer adalah senapan laras panjang. Jika pistol memiliki bentuk ringkas dan mudah disimpan, senjata laras panjang memiliki ukuran lebih panjang, sebagaimana namanya. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pistol, yang memiliki bentuk ringkas, efektif digunakan untuk pertempuran jarak dekat. Sementara senjata laras panjang lebih efektif jika digunakan dari jarak jauh, karena dilengkapi alat pembidik. Untuk menambah wawasan, berikut ini jenis-jenis pistol yang paling populer di dunia.

Single-shots pistols

Pistol jenis ini hanya bisa menembakkan peluru sekali saja, harus melakukan isi ulang sebelum menembak kembali. Oleh karena itu, pengguna harus berhati-hati dengan tembakan pertama, karena belum tentu ada kesempatan kedua ketika musuh menerjang.

Pistol jenis ini juga merupakan pistol yang pertama kali berkembang sejak pertama kali digunakannya mesiu. Salah satu pistol tertua dari Dinasti Yuan di China adalah juga pistol jenis Single-Shot yang bentuknya mirip meriam berukuran mini.

Pistol jenis ini bahkan digunakan pada pertempuran pedang. Di era kolonialisme, para penjelajah memiliki pistol ini dalam persenjataan mereka. Kalau kita perhatikan, Kapten Jack Sparrow juga memakai pistol jenis ini.

Pistol laras ganda

Karena orang kemudian mencari cara untuk dapat menembak secara beruntun lebih dari sekali (sebagai antisipasi ketika tembakan pertama meleset), maka dikembangkanlah senjata berlaras ganda.

Secara umum, senjata laras ganda adalah senjata yang memiliki dua laras berdampingan (atau terkadang lebih) yang masing-masing laras terisi peluru dan siap ditembakan.

Walaupun pistol jenis ini tidak lama masa penggunaannya karena kemunculan pistol revolver, namun cukup banyak dipakai menggantikan pistol sebelumnya.

Revolver

Kalau kita membaca Lucky Luke, menonton serial The Magnificent Seven, atau senang mendengarkan musik country, dan cukup akrab dengan tema koboi, kita tentu tahu pistol revolver.

Setelah senjata laras ganda, para perakit senjata akhirnya menemukan bentuk senjata yang dapat menembak banyak peluru secara beruntun. Dengan menggunakan silinder berisi peluru yang otomatis berputar setelah senjata ditembakan, revolver dapat menembakan 5-8 peluru, tergantung kapasitas silinder.

Pistol ini sangat luas penggunaannya di abad ke-19, bersamaan dengan berkembangnya Amerika. Hingga kini, pistol revolver masih memiliki penggemar karena teknologinya tidak termakan zaman oleh kemunculan pistol-pistol baru.

Pistol semi-automatic

Pistol semi-automatic adalah pengembangan berikutnya dari pistol revolver, dengan konsep yang sama, yakni pistol yang terkokang secara otomatis setelah tembakan sebelumnya, namun dengan mekanisme berbeda.

Pistol jenis ini menjadi senjata utama berbagai kesatuan polisi dan senjata sampingan bagi para tentara.

Pistol jenis lainnya

Perkembangan senjata kemudian menghasilkan bentuk-bentuk senjata yang sulit dimasukkan ke dalam kategori pistol secara sederhana, namun juga bukan merupakan senapan laras panjang.

Biasanya hal itu disebabkan mekanismenya yang terlalu canggih dan otomatis mendekati mekanisme senapan, atau bentuknya yang terlalu besar dan berat, seperti misalnya pistol tipe Uzi yang cukup besar.

Baca juga: Mengenal Shuriken, Senjata Rahasia Ninja yang Mematikan

Related

Science 3386129519779760006

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item