3 Hal Penyebab Jantung Berdebar, Disertai Cemas dan Sesak Napas

3 Hal Penyebab Jantung Berdebar, Disertai Cemas dan Sesak Napas

Naviri Magazine - Pernah mengalami kondisi jantung tiba-tiba berdebar, disertai perasaan cemas dan sesak napas? Tiga hal itu tentu sangat mengejutkan, apalagi saat datang bersama dan tiba-tiba. Kita pun mungkin bertanya-tanya apa yang terjadi, hingga jantung kita tiba-tiba berdebar, perasaan cemas tiba-tiba muncul, dan napas tiba-tiba terasa sesak?

Perasaan cemas normal terjadi bila kita sedang berada dalam bahaya. Namun, bila rasa cemas muncul disertai gejala sesak napas dan jantung berdebar, sebaiknya segera periksa ke dokter. Sebab ada beberapa penyakit yang menjadi penyebab sesak napas, cemas, dan jantung berdebar. Apa saja penyakit yang mendasarinya?

1. Gangguan kecemasan (anxiety disorder) 

Ada berbagai gejala saat gangguan kecemasan terjadi, seperti munculnya rasa panik, takut, gelisah, disertai dengan keluarnya keringat dingin dan kesemutan pada tangan atau kaki.

Kondisi ini bisa menyebabkan pasien mengalami sesak napas dan palpitasi jantung, atau sensasi yang dirasakan saat jantung berdebar sangat kuat atau tidak beraturan. Palpitasi jantung kadang bisa menimbulkan rasa sakit di dada, dan bisa terjadi selama beberapa detik atau beberapa menit.

2. Serangan jantung 

Otot jantung membutuhkan darah kaya oksigen dan arteri koroner yang menyuplainya. Namun, apabila arteri tersumbat oleh plak yang terbentuk akibat lemak, protein, sel radang atau penggumpalan darah, ini menyebabkan arteri menjadi sempit dan darah tidak mengalir secara normal.

Bila plak tersebut benar-benar menghalangi sirkulasi darah, otot jantung menjadi kekurangan oksigen sehingga menyebabkan kematian sel otot jantung. Kondisi ini menyebabkan kerusakan permanen, dan disebut sebagai serangan jantung.

3. Serangan panik (panic attack) 

Kondisi ini muncul ketika perasaan teror tiba-tiba menyerang pasien tanpa peringatan. Ini bisa terjadi kapan aja, bahkan saat tidur. Seseorang yang memiliki kondisi ini mengalami rasa panik dan takut yang lebih parah dari situasi yang sebenarnya.

Beberapa gejala yang meliputinya adalah merasa lemah, pusing, kesemutan, berkeringat, atau bahkan menggigil. Nyeri dada, jantung berdebar, kesulitan bernapas, dan kehilangan kontrol diri juga sering menjadi ciri-cirinya.

Ketiga penyakit tersebut memiliki gejala yang hampir serupa, dan seringkali dianggap sebagai serangan jantung pada beberapa orang yang merasakannya. Untuk itu, bila gejala-gejala yang telah disebutkan terjadi, Anda membutuhkan beberapa tes kesehatan. 

Itu dilakukan agar dokter bisa memberi diagnosis yang tepat atas penyebab sesak napas, cemas, dan jantung berdebar. Tentunya Anda juga akan mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Baca juga: Hati-hati, Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein Bisa Berbahaya

Related

Health 6906672675378177233

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item