Fakta-fakta Aneh Socotra, Pulau Tempat Persembunyian Dajjal

Fakta-fakta Aneh Socotra, Pulau Tempat Persembunyian Dajjal

Naviri Magazine - Ada banyak tempat misterius di dunia, dan Socotra adalah salah satunya. Berbeda dengan umumnya tempat lain, Pulau Socotra seperti tak terjamah perubahan. Kehidupan di sana seperti tak berubah selama ribuan tahun. Yang kita lihat di sana saat ini sama persis dengan yang ada di sana ribuan tahun lalu. Karena kondisi yang aneh itu, Socotra mendapat julukan “the lost world”.

Namun, yang paling mencengangkan dan membuat nama Pulau Socotra terkenal di dunia, karena banyak orang yang curiga bahwa di pulau misterius itulah Dajjal bersembunyi.

Pasalnya, dalam sebuah hadist sahih dikatakan kalau Nabi Muhammad SAW seolah menunjukkan lokasi Socotra sebagai tempat berdiamnya Dajjal. Jika hadist itu dikorelasikan dengan segala keanehan yang ada di Socotra, mungkin saja Dajjal memang bersembunyi di sana.

Terlepas dari segala keanehannya, UNESCO menganugerahi pulau unik ini sebagai salah satu warisan dunia. Terlepas dari hal itu, berikut ini adalah fakta-fakta aneh sekaligus menarik seputar Socotra.

Letak Socotra yang sering terlewat mata

Bukan tanpa alasan kenapa Socotra seperti tak terjamah zaman. Ya, pulau ini sangat jarang disinggahi orang-orang luar pulau, sehingga yang ada di dalamnya tak pernah terusik.

Alasan kenapa jarang disinggahi, mungkin karena letak Socotra agak sedikit aneh. Kalau dilihat di peta, Socotra terletak di Timur tanduk Afrika (Somalia), sejauh 240 kilometer. Sedangkan kalau dilihat dari Yaman, posisi Socotra ada di selatan, sejauh 380 kilometer.

Sebenarnya, kalau dilihat dari posisinya, Socotra tak benar-benar sangat aneh. Pesawat dan kapal laut masih bisa menjangkaunya. Tapi, pada kenyataannya pulau ini tetap tidak terjamah. Buktinya, nuansa Socotra yang masih seperti di zaman Jurrasic itu.

Keanehan-keanehan Pulau Socotra

Socotra punya segala keanehan. Dan hal itu bisa ditemukan di pulau tersebut. Kita bisa menyaksikannya lewat deretan tumbuhan dan hewan yang aneh. Menurut data, setidaknya ada 900-an jenis makhluk endemik yang hanya bisa ditemui di sana. Beberapa masih belum ditemukan, tapi yang lain sudah digali dan bikin dunia tercengang.

Misalnya tumbuhan, di Socotra ada pohon darah naga. Bentuknya sangat aneh, seperti payung yang terbalik. Belum lagi ketika dikupas kulitnya, pohon akan mengeluarkan getah seperti darah.

Tak hanya tumbuhan, hewan pun begitu. Di sana ada beberapa makhluk aneh yang tak bisa kita temukan di daerah mana pun di dunia. Misalnya elang gurun yang langka, sampai laba-laba aneh berwarna biru

Penduduk yang terkurung waktu

Meskipun terpencil, Socotra ternyata memiliki penduduk. Menurut data yang ada, setidaknya ada 40 ribu jiwa yang mendiami pulau ini. Tapi, para penduduk tidak meluas penyebarannya. Mereka hanya terpusat di beberapa tempat. Senada dengan identitas Socotra yang identik dengan hal unik dan aneh, penduduk pulau ini pun ternyata demikian pula.

Keanehan penduduk Socotra adalah mereka seolah tak tersentuh peradaban modern. Menurut seorang pembuat film dokumenter bernama Charler Cardelus, yang pernah mengangkat warga Socotra sebagai film, penduduk di sana seolah terperangkap waktu.

Adat istiadat mereka masih sama seperti ribuan tahun lalu. Bahkan termasuk perdagangan, mereka masih memakai sistem barter.

Diduga sebagai tempat persembunyian Dajjal

Tak hanya dikenal dengan hal-hal aneh, Socotra juga masyhur gara-gara disebut sebagai pulau Dajjal. Dalam Islam, memang dikabarkan kalau Dajjal berdiam di sebuah tempat di Bumi, dan akan muncul ketika waktunya tiba. Ketika hal itu dikorelasikan dengan sebuah hadist, banyak yang kemudian yakin jika Socotra inilah tempat Dajjal yang dimaksud.

Kalau menurut hadistnya sendiri, Nabi mengisahkan sekelompok pelaut Arab yang kesasar di sebuah pulau. Di pulau itu, para pelaut bertemu dengan sosok tinggi besar yang mengaku sebagai Dajjal.

Ketika Nabi ditanya perihal letak pulau tersebut, beliau menunjuk timur sambil mengatakan laut Yaman. Dari sini bisa diasumsikan kalau pulau yang ditunjuk oleh Nabi adalah Socotra.

Socotra memang menyimpan banyak keunikan yang luar biasa. Tak hanya tempatnya yang tak berubah selama ribuan tahun, tapi juga flora dan fauna yang benar-benar tak biasa.

Soal Dajjal di pulau ini, kita tentu tidak bisa serta merta meyakini hal tersebut. Bagi yang Muslim, cukup imani saja kalau Dajjal memang ada. Soal misteri tempatnya, biarlah jadi rahasia Tuhan.

Baca juga: Gunung-gunung di Mekkah Mulai Berlubang, Kiamat Segera Datang

Related

World's Fact 4335227855962129048
item