Cara Menghasilkan Uang dengan Menulis Buku atau E-book

Cara Menghasilkan Uang dengan Menulis Buku atau E-book

Naviri Magazine - Menulis buku atau e-book memungkinkan kita untuk mendapatkan penghasilan pasif. Pasalnya, begitu kita selesai menulis buku atau e-book, lalu diterbitkan, dan kemudian penjualan terjadi, maka uang akan mulai mengalir.

Cara ini memang tidak sepenuhnya penghasilan pasif. Karena Anda harus melakukan promosi, atau membuat website untuk promosi. Ya, menulis buku atau e-book memang bisa mendatangkan penghasilan berkelanjutan. Selama ada yang membeli karya Anda, maka selama itulah Anda akan memperoleh penghasilan tanpa harus bekerja.

Jika mau buku Anda dipublikasikan, Anda harus bekerjasama dengan penerbit. Jika Anda mendapatkan kontrak menulis dari penerbit yang mapan, Anda tidak perlu repot membangun platform promosi sendiri.

Mereka akan menyediakan tempat atau fasilitas untuk mempromosikan karya Anda. Tapi jika buku Anda diterbitkan oleh penerbit indie atau bukan penerbit besar, Anda harus mau andil dalam mempromosikan karya Anda secara online atau offline.

Tidak seperti buku, Anda tidak memerlukan penerbit untuk mempublikasikan e-book. Anda bisa membuat blog atau website sendiri untuk memasarkan e-book Anda. Promosi pun bisa dilakukan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Pinterest.

Sekarang, mari kita lihat apa kelebihan dan kekurangan jika Anda menjadikan penulisan buku sebagai sumber penghasilan pasif:

Kelebihan membuat buku atau e-book

Buku, terutama buku panduan, selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan demikian, Anda selalu memiliki potensi pasar yang siap membeli karya Anda.

Seperti disebutkan sebelumnya, kelebihan dari memiliki karya intelektual adalah selama ada yang membeli karya Anda, maka Anda akan terus mendapatkan royalti. Artinya, Anda memiliki penghasilan pasif dari penjualan buku Anda.

Jika Anda bekerjasama dengan penerbit, Anda tidak perlu susah payah mencari pembeli, karena mereka akan menggunakan platformnya sebagai alat promosi.
Sedangkan jika Anda memutuskan untuk membuat e-book, maka Anda bisa menggunakan blog dan media sosial sebagai alat promosinya.

Anda juga bisa menjual e-book lewat platform belanja online seperti OLX. Biasanya harga e-book akan berkisar dari Rp 20.000 sampai ratusan ribu, sesuai dengan tebal dan kesulitan pembuatannya.

Kelemahan dan risiko membuat buku atau ebook

Jika Anda tidak ikut turun langsung dalam mempublikasikan, apalagi jika Anda adalah penulis baru, maka Anda akan kesulitan mendapatkan pembeli.

Walaupun membuat karya seperti buku dan e-book adalah sumber penghasilan pasif, namun Anda tidak bisa mengandalkan sumber ini untuk jangka waktu lama. Terutama, jika Anda tidak turun tangan untuk mempromosikan buku Anda. Oleh karenannya, jika Anda ingin menjadikan buku sebagai sumber penghasilan, Anda harus rajin membuat karya baru.

Penerbit buku berskala kecil atau penerbit indie, biasanya akan mengenakan biaya percetakan dan desain pada Anda.

Jadi, jika Anda memiliki kemampuan menulis dan tertarik dengan topik tertentu, kenapa tidak menyisihkan sedikit waktu untuk menulis dan membangun sumber penghasilan pasif Anda?

Baca juga: Memahami Pentingnya Uang Tunai di Saat Bencana Datang

Related

Money 1469595499295495974
item