Tak Diduga, Ternyata Merpati Mampu Mengenali Wajah Orang

Tak Diduga, Ternyata Merpati Mampu Mengenali Wajah Orang

Naviri Magazine - Tahu tidak, burung merpati—khususnya merpati perkotaan—mampu mengenali atau mengidentifikasi orang yang ingin memberi mereka makan, atau sekadar mencoba mengejar-ngejarnya. Kemampuan mengejutkan itu terungkap setelah sekelompok tim ilmuwan dari Prancis melakukan penelitian terhadap sekelompok merpati kota.

Di Eropa, populasi merpati perkotaan diperkirakan mencapai 28 juta ekor. Tingkat kepadatan tertinggi merpati terletak di pusat kota. Hal itu disebabkan rendahnya tingkat predator di kawasan itu, dan makanan yang selalu ada.

Tim peneliti melakukan dua uji di taman kota, dengan melibatkan dua orang (satu netral dan satu mengejar merpati).

Dalam kedua uji itu, merpati dengan cepat bisa membedakan kedua orang tersebut, dan menghindari orang yang mengejar-ngejarnya. Bahkan, saat baju kedua orang itu saling ditukar, merpati tetap mampu membedakan keduanya dengan menggunakan karakteristik individual mereka.

Berdasarkan penelitian itu, terlihat bahwa merpati bisa cepat belajar dari interaksi dengan manusia, untuk memaksimalkan keuntungan dari lingkungan perkotaan.

Baca juga: Ajaib, Ternyata Lumba-lumba Bisa Mengobati Dirinya Sendiri

Related

Science 4027249625893188323

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item