Misteri Suara Dentuman Aneh di Sumatera dan Jawa Barat

Misteri Suara Dentuman Aneh di Sumatera dan Jawa Barat

Naviri Magazine - Beberapa fenomena misterius terjadi beberapa kali di Indonesia, khususnya akhir-akhir ini. Setelah tempo hari warga Pantura—khususnya Tegal dan Pekalongan—dikejutkan oleh suara aneh dari langit, kini giliran warga Sumatera Selatan dan Jawa Barat yang mendengar dentuman aneh yang juga muncul di langit.

Suara dentuman misterius terdengar di daerah Sumatera Selatan, sekitar pukul 10.00 malam, 25 Desember 2018. Kabar ini menjadi perbincangan di media sosial, setelah banyak warganet mengaku menjadi saksi suara aneh tersebut.

Menurut warga yang mendengar, suara dentuman itu mirip guruh atau petir. Ada juga yang menggambarkan suara mirip ledakan bom. Berikut lima fakta mengenai dentuman misterius di Sumatera Selatan dan Jawa Barat.

Suara terdengar berkali-kali

Tidak hanya sekali, menurut warganet, suara dentuman misterius ini bisa terdengar 5-6 kali dalam semalam. Hal ini membuat warga juga sempat mengira suara berasal dari bunyi petasan.

BMKG tidak mendeteksi dentuman

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan tidak merekam adanya getaran yang berkaitan dengan suara dentuman misterius tersebut. Diperkirakan, hal ini akibat getaran yang dihasilkan tergolong kecil dan tidak terdeteksi.

BMKG juga memperkirakan suara dentuman berasal dari aktivitas awan Cumulonimbus. Namun, BMKG masih akan terus meneliti suara dentuman yang terjadi.

Akibat aktivitas Gunung Anak Krakatau

Dentuman keras di langit yang didengar warga diperkirakan berasal dari aktivitas Gunung Anak Krakatau. Namun, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) belum bisa memastikan kebenaran hal ini.

Diperkirakan latihan militer

Sempat beredar informasi mengenai adanya latihan militer oleh TNI di daerah Rancabali, Kabupaten Bandung. Dikatakan, terdapat uji coba peluncuran roket di Stasiun Lapan di Pameungpeuk, Garut, pada 23 hingga 27 Desember 2018.

Namun, peluncuran roket dilakukan pukul 6.00 hingga 8.00 pagi, dan berbeda dengan waktu suara misterius terdengar.

Terdengar juga di Sukabumi dan Cianjur

Tak hanya di Sumatera Selatan, suara aneh serupa juga terdengar di daerah Jawa Barat, yaitu di Sukabumi dan Cianjur. Di Jawa Barat, warga mengaku mendengar suara dentuman beberapa kali pada pukul 1 hingga 2 dini hari.

Baca juga: Ngeri, Ini 5 Tsunami Terbesar yang Pernah Terjadi di Dunia

Related

World's Fact 5240857356249465038

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item