Mengenal Bagian-bagian Kemeja Pria dan Penjelasannya

Mengenal Bagian-bagian Kemeja Pria dan Penjelasannya

Naviri Magazine - Kemeja merupakan salah satu pakaian yang cukup penting bagi pria. Kemeja lengan pendek maupun panjang pasti ada di setiap lemari pria. Peruntukannya pun berbeda-beda, ada yang untuk acara resmi dan ada yang sekadar hanya untuk jalan-jalan. Beberapa dari Anda mungkin sedikit bingung ketika harus membeli kemeja, dan inilah sekilas ulasan mengenai kemeja.

Kata ‘kemeja’ berasal dari bahasa Portugis, yaitu ‘camisa’, yang berarti ‘baju atau pakaian atas untuk pria’. Baju atasan ini menutupi tangan, bahu, dada, hingga perut. Secara umum, kemeja terbagi menjadi dua jenis, yaitu kemeja formal dan kemeja kasual.

Berikut adalah penjelasan bagian-bagian kemeja, agar kita lebih memahami berbagai cirinya.

Kerah/collar

Kerah merupakan bagian paling penting pada kemeja. Bagian ini terdapat di semua kemeja, baik lengan panjang maupun lengan pendek. Jenis kerah bermacam-macam, ada yang menyebut 5 jenis, 8 jenis, bahkan hingga 12 jenis.

Lengan

Lengan kemeja terbagi menjadi dua, yaitu panjang dan pendek. Kemeja berlengan pendek merupakan kemeja yang sebaiknya dipakai pada kesempatan kasual atau santai.

Cuff

Sering juga disebut manset, merupakan bagian penting selain kerah, pada kemeja lengan panjang formal. Cuff yang harus terlihat saat Anda memakai jas untuk acara resmi atau formal tidak boleh lebih dari 1,5 inci, dan tidak boleh kurang dari 1 inci.

Placket

Bagian ini hampir bisa ditemukan pada sebagian besar kemeja formal maupun kasual. Placket terletak di bagian kiri depan kemeja, dan terdapat beberapa lubang kancing yang berbaris vertikal pada bagian ini.

Yoke

Merupakan bagian kemeja yang menghubungkan kemeja bagian depan dan belakang, dan menutupi tulang bahu. Secara umum, ada dua jenis yoke, yaitu one piece dan two piece. One piece yoke biasanya terdapat pada kemeja formal.

Pleat

Pleat didesain untuk menyesuaikan postur punggung pria yang tidak rata. Pleat terbagi menjadi dua, yaitu box pleat dan side pleat. Namun, beberapa kemeja juga ada yang didesain tanpa pleat.

Baca juga: Perkembangan Mode Pakaian Wanita dari Masa ke Masa

Related

Male 1184843126960711127
item