Electric Eel, Belut yang Mampu Menghasilkan Listrik Mematikan

Electric Eel, Belut yang Mampu Menghasilkan Listrik Mematikan

Naviri Magazine - Belut listrik (Electric eel) biasa hidup di sungai berlumpur, dan dapat tumbuh hingga 8 kaki (2,5 meter). Tubuh mereka biasanya berwarna hijau tua atau abu-abu, yang membantu mereka berbaur dengan lingkungan mereka.

Namun, mekanisme pertahanan diri mereka yang unik bukan itu, melainkan kemampuannya dalam mengeluarkan energi listrik yang mematikan.

Organ belut listik mengandung sel-sel khusus yang disebut electrocytes, yang secara efektif dapat mengubah mereka menjadi baterai. Organ itu dapat digunakannya untuk merasakan benda asing atau ikan-ikan kecil yang dapat dijadikannya santapan. Namun, selain itu, belut listrik juga dapat menggunakannya untuk melumpuhkan musuh.

Untuk memangsa ikan sebagai makanan, belut listrik akan memberikan kejutan kecil yang menyebabkan korbannya lumpuh. Mangsanya tetap hidup, namun tidak mampu bergerak.

Setelah itu, belut listrik akan menyedot mangsanya seperti kita menyedot mie atau spaghetti. Ketika menghadapi ancaman predator lain, belut listrik akan menggunakan sengatan listriknya yang kuat, sekitar 600 volt, yang dapat membuat musuhnya mati.


Related

Science 3026881965765985022

Recent

item