Ilmuwan Menemukan Gumpalan Misterius di Kedalaman Bumi

Ilmuwan Menemukan Gumpalan Misterius di Kedalaman Bumi

Naviri Magazine - Jauh di dalam mantel bumi, terdapat gumpalan misterius yang mungkin sisa-sisa samudera magma kuno, yang berasal dari 4,5 miliar tahun lalu, yang terbentuk setelah tabrakan kosmik yang menciptakan Bulan.

Kolam gumpalan yang dekat dengan inti planet ini disebut zona kecepatan ultra-rendah, karena gelombang seismik yang berjalan melalui interior planet melambat secara signitifkan, ketika mereka melintasi wilayah ini.

Tetapi apa "gumpalan" itu? Eksperimen laboratorium menunjukkan bahwa mereka mungkin terdiri dari mineral kaya besi-oksida yang disebut magnesiowustite, dari lautan magma yang diciptakan setelah benda besar dari ruang angkasa menghantam bumi miliaran tahun lalu.

Saat lautan kehilangan panas yang dihasilkan oleh dampak mineral ini mengkristal dan menghasilkan kantong-kantong oksida besi, yang tenggelam ke dasar mantel bumi untuk membentuk gumpalan yang tersisa sampai sekarang.

Baca juga: Ternyata, Berbagai Bencana Zaman Sekarang Telah Diramalkan Sejak Dulu

Related

Science 1849450167332194797

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item