Misteri Shroud Of Turin, Kain Kafan yang Membingungkan Dunia

Misteri Shroud Of Turin, Kain Kafan yang Membingungkan Dunia

Naviri Magazine - Salah satu misteri dunia yang belum terpecahkan adalah "Shroud Of Turin". Sebenarnya, kain ini hanya kain linen atau kafan biasa, dengan panjang 4,36 meter dan lebar 1,10 meter. Lalu apa sebab kain kafan ini dikatakan menyimpan misteri yang belum terpecahkan selama beratus-ratus tahun lamanya?

Sejarah kain kafan ini diketahui pertama kali tahun 1307 dari kawasan Lirey, Prancis. Sekarang, Shroud of Turin tersimpan di Katedral Kota Torino, Italia.

Salah satu keunikan dari kain kafan tersebut adalah pada kainnya terdapat gambar manusia, dengan tampak depan dan belakang, yang sangat mirip dengan sosok Yesus, lengkap dengan luka bekas tusukan paku pada tangan dan kaki. Pada bagian kepala juga terdapat luka yang diduga akibat tusukan mahkota duri, serta luka bekas cambukan di dada maupun punggungnya. Tak ketinggalan juga satu bekas luka tusukan di bagian lambung.

Temuan ini sangat menggemparkan. Dan setelah zaman mengalami kemajuan dalam bidang teknologi, penggunaan teknologi modern dimanfaatkan untuk membuktikan keaslian Shroud of Turin, misalnya dengan penggunaan kamera dengan tingkat pencahayaan dan detail yang tinggi, dengan harapan dapat memperjelas bentuk gambar pada kain tersebut.

Dari hasil beberapa foto yang didapatkan, mendorong banyak ilmuwan untuk semakin mengamati dan mengidentifikasi berbagai elemen yang menempel pada kain itu. Benarkah bercak-bercak tersebut bekas bercak darah manusia?

Pada pengamatan dengan menggunakan mikroskop, kain kafan tersebut mengandung banyak sari bunga dan darah manusia. Kemudian, dapat diperoleh hasil dari penelitian yang lebih dalam lagi, bahwa bercak darah pada Shroud of Turin merupakan darah yang termasuk golongan AB. Hingga saat ini, penelitian tentang Shroud of Turin masih serius dilakukan.

Baca juga: Ilmuwan Menemukan Gumpalan Misterius di Kedalaman Bumi

Related

Science 8814331364718437464

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item