Kisah Kaisar William II, Kaisar Terakhir yang Berkuasa di Jerman

Kisah Kaisar William II, Kaisar Terakhir yang Berkuasa di Jerman

Naviri Magazine - Kaisar Jerman, Frederick William Victor Albert Of Prusia, atau Kaisar William II, adalah kaisar terakhir selama Jerman menggunakan sistem kekaisaran.

Setelah Jerman dan sekutunya mengalami kekalahan beruntun pada Perang Dunia I, dan karena meningkatnya penentangan di dalam negeri yang berakhir dengan diproklamasikannya Republik Jerman, Kaisar William II pun mengundurkan diri pada 9 November 1918, dan berakhirlah periode kekaisaran di Jerman.

Mundurnya Kaisar William II memang tak bisa dilepaskan dari Perang Dunia I. Akibat peperangan tersebut, perekonomian Jerman mendekati kehancuran. Produksi pangan dan industri turun drastis, dan hasil pertanian hanya sanggup memenuhi setengah kuota sebelum perang.

Upah buruh di Jerman pun telah diturunkan menjadi setengah hingga 2/3 dibanding sebelum perang. Orang-orang yang bekerja umumnya menderita, atau mati kelaparan.

Karenanya, pada 9 November, para pekerja di Berlin dan tentara mengadakan pemogokan umum dan pemberontakan bersenjata. Revolusi itu akhirnya berhasil menggulingkan Kaisar William II dari kekuasaannya.

Setelah Kaisar William II mundur dan Jerman berubah menjadi republik, Friedrich Ebert naik menjadi presiden pertama Republik Jerman. Pada 11 November, pemerintahan Presiden Friedrich Ebert dan pihak Sekutu menandatangani perjanjian gencatan senjata, dan Perang Dunia I pun secara resmi berakhir.


Related

History 7890250023938410950

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item