Sejarah Cekoslovakia, Dua Etnis yang Mendirikan Satu Negara

Sejarah Cekoslovakia, Dua Etnis yang Mendirikan Satu Negara

Naviri Magazine - Pada mulanya, negeri ini terdiri dari etnis Ceko dan Slovakia, yang memiliki kedekatan sejak masa lampau. Pada abad ke-9, keduanya pernah membentuk imperium bersama. Seiring perjalanan waktu, imperium mereka runtuh, dan etnis Ceko serta Slovakia berada di bawah kekuasaan imperium Austria-Hungaria.

Pada akhir Perang Dunia I, imperium Austria-Hungaria mengalami kekalahan, dan wilayahnya terpecah-pecah. Pada waktu itulah bangsa Ceko dan Slovakia bergabung dan mendirikan sebuah negara bersama, Cekoslovakia, pada 28 Oktober 1918, yang juga menandai kemerdekaan mereka.

Setelah Perang Dunia II, negara yang terletak di Eropa Tengah tersebut berada di bawah pengaruh Soviet, dan bergabung dengan blok Komunis. Ketika Uni Soviet runtuh, Cekoslovakia pun memisahkan diri dari kekuasaan Soviet, dan pada tahun 1992 mendirikan dua negara terpisah, yaitu Ceko dan Slavia.

Baca juga: Di Meksiko, Jam Kerja Sangat Panjang Tapi Upah Rendah

Related

World's Fact 3682055677749224569

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item