Misteri Peradaban Nok, Peradaban Maju yang Kini Telah Punah

Misteri Peradaban Nok, Peradaban Maju yang Kini Telah Punah

Naviri Magazine - Sekitar 2.500 tahun yang lalu, diduga hadir sebuah peradaban yang disebut Nok. Peradaban Nok pernah tumbuh dan berkembang di wilayah Nigeria, namun sayangnya tidak dapat bertahan hingga saat ini, dan hilang ditelan waktu.

Bukti kehadiran peradaban Nok adalah ditemukannya sebuah artefak berupa patung tanah liat, pada tahun 1928. Peradaban Nok diyakini tidak memiliki sistem penulisan, namun telah memiliki sistem sosial yang maju, serta menjadi pelopor pembuat patung tanah liat dengan ukuran besar di wilayah Sub-Sahara pada masanya.

Beberapa teori menyebutkan, penyebab hancurnya peradaban ini adalah eksploitasi sumber daya alam berlebihan, yang mengakibatkan turunnya jumlah populasi. Meskipun diyakini sebagai salah satu peradaban paling tua di Afrika, bukti keberadaan mereka sangat sedikit, dan karenanya sulit untuk diteliti.

Para arkeolog modern percaya, kebudayaan Nok memiliki peran penting dalam pengembangan budaya lain di sekitarnya, seperti Yoruba dan Benin. Bangsa Nok tampaknya memiliki pengetahuan dan jiwa seni yang tinggi, terlihat dari bukti peninggalan sejarah berupa patung-patung terakota di sekitar situs pemukiman kuno.

Mereka juga orang Afrika pertama yang mengenal teknik peleburan besi, meskipun diyakini bahwa teknologi itu diperkenalkan budaya lain, kemungkinan Karthago.

Baca juga: Raja Mali, Pria Muslim Paling Kaya yang Pernah Ada di Bumi

Related

Science 335127840537522380

Recent

item