Nostalgia Nokia 3310, Ponsel Paling Populer Sepanjang Masa (Bagian 2)

Nostalgia Nokia 3310, Ponsel Paling Populer Sepanjang Masa

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Nostalgia Nokia 3310, Ponsel Paling Populer Sepanjang Masa - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Kok bisa sekelompok orang berumur 20-an muncul dengan ide texting seperti ini? Kebanyakan isi tim pengembang 3310 masih berumur 20-an, dan baru memulai karirnya. Tapi atmosfer dalam Nokia sangat menjanjikan, jelas Holm. Perusahaan memberi karyawan mudanya kebebasan yang besar untuk berinovasi.

“Di sana kami bisa mengambil resiko,” jelas Holm. “Kami bisa memasukkan detail yang menarik ke dalam produk yang mungkin tidak berarti banyak bagi orang lain, tapi berarti banyak bagi kami. Fitur-fitur yang kami coba terapkan, seperti game dan chat, menjadi fitur mainstream nantinya.”

Area khusus ketrampilan Middleton adalah selera pasar—dia masih bekerja dalam bidang ini sekarang—dan dia menjalankan berbagai studi yang teliti demi menemukan apa yang diinginkan oleh pengguna ponsel muda, dan apa yang mereka ingin lihat di masa depan. Ini adalah salah satu kekuatan Nokia lainnya: komitmen yang kuat dalam memprediksi tren.

“Kami mewajibkan pengetahuan tersebut sebagai sebuah perusahaan ponsel,” jelas Holm. “Kami melakukan penelitian. Kamu tidak bisa mempelajari hal seperti ini dari perusahaan lain—tidak ada pihak lain yang memiliki pengetahuan kami. Begitu kamu lulus dari Nokia, sekolah terbaik, kamu bisa masuk ke perusahaan lain dan mengklaim posisi yang tinggi.”

Biarpun kini sudah kuno, Nokia 3310 memberikan pelajaran yang bisa diambil oleh semua orang di Silicon Valley. Tidak peduli betapa canggihnya produkmu, gawai tersebut tetap harus menjawab kebutuhan pengguna terlebih dahulu.

“Ketika kamu bekerja dengan teknologi, sangat mudah untuk terlena dengan potensinya,” jelas Middleton. “Tapi lupa untuk membuat produk relevan.”

Nokia tetap relevan selama satu dekade setelahnya. Hampir semua orang menggunakan produk mereka saat itu. Nokia melanjutkan kesuksesan 3310 dengan model-model ponsel lain yang akhirnya menggunakan teknologi layar berwarna dan kamera, dan semakin menekankan multimedia. Ada Nokia 3300, yang mendukung fitur audio Mp3, dan Nokia N-Gage—gabungan ponsel dengan gawai videogame.

Ketika Nokia menguasai pasar, mereka tidak memiliki saingan. Ketika Nokia akhirnya pergi, produk mereka masih merupakan versi terbaik sesuai dengan tujuan diciptakannya: untuk menelpon dan texting. Namun kini pasar sudah sadar bahwa banyak gawai baru yang bisa melakukan lebih banyak dari 2 hal tersebut.

Seiring jalan, keberanian Nokia dalam berinovasi pudar. Bandingkan dengan Apple yang akhirnya menghapus fitur clickwheel iPod, dan, baru-baru ini, sistem navigasi tombol home iPhone. Namun ketika akhirnya Nokia mulai ikut masuk ke pasar di menit-menit akhir, mereka masih menggunakan inferface yang serupa dengan 3310.

“Ponsel sudah bukan sekadar ponsel lagi,” jelas Holm. “Mereka adalah gawai hidup. Dulu, kalau kamu ingin berbicara dengan seseorang, kamu harus menekan nomer mereka. Sekarang nomer telepon kita hanyalah sekadar ID.”

Seiring pangsa pasar Nokia mulai menurun di negara Barat di akhir 2000-an, ponsel 3310 masih digemari di negara-negara berkembang—berkat harganya yang murah, baterai yang tahan lama, dan durabilitasnya.

Namun ketika akhirnya Nokia dijual ke Microsoft di akhir 2013, masa kejayaan produk ini habis. Nokia sudah tidak lagi seperti dulu. Bahkan usaha berbau nostalgia untuk membangkitkan kembali 3310 tahun ini, lengkap dengan layar berwarna dan kamera, terbukti tidak sukses.

Tapi memang tidak ada salahnya mereka mencoba. 3310 adalah salah satu ponsel pertama yang terasa adiktif, dan ponsel terakhir yang masih terasa ‘polos’—3310 mewujudkan semangat teknologi yang masih bersifat melayani, dan bukan memperbudak, dan didesain untuk bertahan lama, dan tidak harus diperbaharui secara reguler.

Kapan terakhir kali kamu ingat tidak merasa sangat tergantung dengan gawai teknologi di tanganmu?

Baca juga: Razr V3, Ponsel Legendaris Dunia, Akan Dirilis dengan Wajah Baru

Related

Smartphone 8282994508491725788

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item