Sejarah Albania, dari Zaman Romawi Sampai Meraih Kemerdekaan

Sejarah Albania, dari Zaman Romawi Sampai Meraih Kemerdekaan

Naviri Magazine - Jauh sebelum Masehi, Albania telah menjadi negara yang merdeka. Penduduk asli Albania dipercaya merupakan keturunan non-Slavia, kelompok suku non-Turki yang dikenal sebagai Illyria, yang datang ke Balkan sekitar 2.000 Sebelum Masehi.

Namun, setelah terbentuknya kekaisaran Romawi, Albania menjadi bagian dari kekuasaan imperium Romawi.

Ketika kekuasaan Romawi meredup pada tahun 1501, Albania jatuh ke tangan Turki Ottoman. Lalu pada awal abad ke-10, kekuatan Turki Ottoman melemah dan terpaksa melepaskan wilayah kekuasaannya di Balkan, dan pada 28 November 1912 Albania pun meraih kemerdekaannya.

Namun, pada tahun 1939, Albania kembali diduduki negara asing, kali ini oleh Italia. Lalu pada tahun 1944, di bawah kepemimpinan Enver Hoxha, Albania kembali merdeka dan menjadi negara komunis.

Kemudian, seiring runtuhnya Uni Soviet, pemerintahan komunis di Albania pun dihapus. Saat ini, Albania merupakan negara Eropa yang penduduknya mayoritas muslim.


Related

History 3650604426787196239

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item