Albert Einstein Tidak Meraih Nobel Fisika untuk Teori Relativitas

Albert Einstein Tidak Meraih Nobel Fisika untuk Teori Relativitas

Naviri Magazine - Penghargaan Nobel merupakan penghargaan tertinggi yang prestisius atas sebuah kontribusi ilmiah seseorang terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam seluruh bidang, termasuk bidang fisika.

Einstein kita kenali dengan hasil karya intelektualitasnya tentang Teori Relativitas. Teori ini dianggap sebagai teori yang sangat revolusioner. Terobosan Einstein dalam Teori Relativitas Khusus, yang dikemukakan pada tahun 1905, tidak muncul dari kekosongan.

Kejeniusan seorang Einstein terletak pada bagaimana dia mentransformasikan hasil kerja fisikawan sebelumnya, seperti Henri Poincare dan Hendrik Lorentz, ke dalam sebuah teori baru, teori yang mendamaikan pertentangan antara fisika Newtonian dengan teori cahaya James Clerk Maxwell.

Dipublikasikan pada tahun 1916, Teori Relativitas Umum Einstein menyempurnakan Teori Relativitas Khusus dengan memasukkan gravitasi dan percepatan ke dalam konsep ruang-waktu yang melengkung. Sayangnya, dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dapat membuktikan salah satu dari prediksi-prediksi luar biasa ini, yaitu tentang efek lensa gravitasi.

Ketika astronom akhirnya mengonfirmasi terjadinya pembelokan cahaya bintang yang diamati saat terjadi gerhana matahari tahun 1919, Einstein seketika menjadi selebritis atas hasil pengamatan tersebut, sebab Teori Relativitas Umum telah memprediksi fenomena tersebut. Namun, butuh waktu tiga tahun bagi komite Nobel untuk menganugerahkan penghargaan nobel Fisika untuk Einstein.

Apakah Anda mengira bahwa penghargaan Nobel ini atas kesuksesan Teori Relativitas Umum memprediksi efek lensa gravitasi?

Tidak! Penghargaan Nobel itu bukan karena Teori Relativitas, melainkan atas penjelasannya tentang efek fotolistrik, sebuah gejala pelepasan muatan listrik (elektron) dari permukaan logam yang disinari gelombang elektromagnetik.

Hasil kerja Einstein yang dianggap monumental tentang topik ini adalah berhasil memberikan penjelasan terhadap pertanyaan membingungkan tentang dualitas gelombang-partikel cahaya.

Walaupun Einstein diganjar hadiah Nobel karena penjelasan efek fotolistriknya, pada pidato penerimaan anugerah Nobel ini Einstein justru banyak membahas hasil kerjanya dalam bidang Teori Relativitas Umum, sebuah masalah yang telah mengisi kepalanya selama hampir satu dekade.

Baca juga: Empat Makalah Penting Albert Einstein yang Mengubah Dunia Fisika

Related

Science 2725944177700739989

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item