Berakhirnya Perang Dunia I dan Awal Sejarah Dunia Baru

Berakhirnya Perang Dunia I dan Awal Sejarah Dunia Baru

Naviri Magazine - Akhirnya, setelah berlangsung sejak tahun 1914 sampai 1918, Perang Dunia I pun diakhiri dengan penandatanganan perjanjian penghentian perang, pada 11 November 1918.

Perang yang menjadi terkenal dalam sejarah ini melibatkan Inggris, Prancis, Rusia, dan Italia, melawan Jerman, Bulgaria, Ottoman, dan imperium Austria-Hungaria.

Perang Dunia I melibatkan lebih dari 65 juta tentara. Selama perang berlangsung, sebanyak 8,5 juta tewas (data lain menyebutkan 15 juta orang terbunuh), 29 juta korban cacat dan luka-luka, dan 5 juta lainnya dinyatakan hilang.

Sedangkan korban dari kalangan sipil mencapai 13 juta jiwa. Kerusakan dan kerugian yang dialami negara-negara yang terlibat perang mencapai 150 miliar dollar.

Penandatanganan perjanjian gencatan senjata itu dilakukan di Rethondes, Prancis. Satu tahun setelah perjanjian penghentian perang ditandatangani, negara-negara Sekutu menandatangani perjanjian lain, yaitu Perjanjian Versailles, yang memberikan hukuman politik, ekonomi, dan militer yang keras terhadap Jerman, yang dianggap sebagai biang keladi pecahnya perang.

Baca juga: Perang Flender dan Detik-detik Berakhirnya Perang Dunia I

Related

History 8387236740285853721

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item