Crop Circle, Lingkaran Misteri Buatan Makhluk Luar Angkasa

Crop Circle, Lingkaran Misteri Buatan Makhluk Luar Angkasa

Naviri Magazine - Sewaktu-waktu, muncul fenomena aneh yang disebut crop circle, yaitu lingkaran-lingkaran unik dengan desain rumit yang tiba-tiba muncul di tempat-tempat tertentu—umumnya di persawahan atau di ladang gandum. Lingkaran atau gambar crop circle itu tercetak di tengah sawah atau ladang, dan menunjukkan desain gambar yang luar biasa.

Sampai sekarang, crop circle masih menjadi fenomena misteri yang belum jelas siapa pembuatnya, meski sebagian orang meyakini kalau itu buatan makhluk luar angkasa. Berikut ini adalah uraian mengenai beberapa kemungkinan munculnya crop circle.

Perbuatan manusia

Cukup banyak yang beranggapan, bahwa lingkaran di ladang gandum yang disebut crop circle adalah hasil karya seseorang. Menurut ilmuwan Anderro dari Inggris, yang telah menyelidiki sekaligus meneliti fenomena tersebut selama 17 tahun, ada sekitar 80% lingkaran crop circle merupakan buatan manusia.

Seorang warga Inggris pernah menuturkan kepada media massa, bahwa dia dan beberapa temannya adalah pembuat lingkaran ladang gandum di London, Inggris. Sebelumnya, mereka mempersiapkan gambar desain, ketika gandum di ladang hampir matang, dengan sebuah paku panjang dipantekkan di ladang gandum, dan paku itu dijadikan sebagai pusatnya.

Selanjutnya, dia melingkari permukaan tanah dengan tali, lalu muncullah sebuah lingkaran ladang gandum. Masalahnya, apakah mungkin dia dapat membuat lingkaran tersebut dalam satu malam tanpa alat bantu memadai? Lalu apa tujuan membuatnya?

Medan magnet

Sebagian lingkaran aneh crop circle telah dikesampingkan kemungkinannya terjadi karena ulah manusia. Sebab, struktur gambar crop circle yang rumit, ukurannya yang besar, desain yang indah, sama sekali bukan hasil buatan manusia yang dapat dikerjakan dalam waktu semalam.

Meskipun Anderro bersikeras mengatakan bahwa 80% lingkaran ladang gandum itu adalah buatan manusia, namun dia juga yakin bahwa 20% sisanya adalah bentukan alami karena efek medan magnet bumi.

Dalam medan magnet terdapat suatu daya gerak yang gaib, sehingga dapat menghasilkan arus listrik, sehingga tanaman rebah di atas permukaan tanah.

Ahli terkait asal AS, yakni Jeffery Walson, telah meneliti 130 lebih lingkaran crop circle, dan didapati bahwa 90% di sekitar lingkaran aneh tersebut terdapat transformator yang berhubungan dengan kabel tegangan tinggi.

Di bawah panjang garis keliling sepanjang 270 meter tersebut ada sebuah kolam, karenanya ada aliran air. Maka ion yang dikeluarkan tanah dari bagian dasar ladang gandum dapat menghasilkan elektrik negatif, sedangkan transformator yang dihubungkan dengan kabel tegangan tinggi menghasilkan elekrik positif.

Setelah elektrik negatif dan positif bersentuhan, dapat menghasilkan energi magnet listrik. Selanjutnya merebahkan tanaman gandum untuk membentuk lingkaran aneh. Namun demikian, mereka belum bisa memberikan seluruh jawaban dari pertanyaan bagaimana bentuk-bentuk aneh itu dapat terwujud. Apakah mungkin energi dapat membentuk bunga atau gambar kelajengking?

Angin tornado

Menurut fisikawan dari Universitas Michigan, AS, yakni Dr. Delon Smith, perubahan musim panas tidak menentu, angin tornado adalah sebab utama yang menyebabkan lingkaran aneh crop circle.

Melalui risetnya, dia mendapati bahwa sejumlah besar lingkaran aneh di ladang gandum yang muncul di sisi gunung atau daerah yang berjarak 60-70 km dari gunung, merupakan tempat yang mudah sekali membentuk angin tornado. Tapi apakah angin tornado dapat membuat lingkaran dengan ketelitian crop circle?

Buatan makhluk luar angkasa

Banyak yang meyakini, bahwa sebagian besar lingkaran aneh di ladang gandum terbentuk dalam waktu satu malam, besar kemungkinan adalah hasil karya makhluk luar angkasa.

Sejak 1990, fotografer Alexander mengatakan, dia melihat cahaya yang ganjil di ladang gandum. Cahaya itu terbang ke sana-kemari di antara dua lingkaran aneh.

Heterodoxy (pandangan sumbang)

Sejumlah orang percaya, bahwa di balik lingkaran crop circle terdapat berbagai macam kekuatan gaib, sama seperti Segitiga Bermuda. Menurut dugaan ini, ada yang lantas menyebut lingkaran aneh itu sebagai pemberitahuan bencana.

Mengapa lingakaran aneh tersebut kerap muncul di situ? Dan kini, lingkaran itu pernah muncul di ladang bunga matahari, Rusia, lantas kenapa bisa demikian? Mungkin kita hanya dapat menunggu ilmuwan untuk menyingkapnya lebih lanjut.

Baca juga: Peradaban Troy, Dikira Cuma Fiksi Ternyata Benar-benar Ada

Related

Science 1492792489345841171

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item