Misteri Harta Karun Tersembunyi Peninggalan Bung Karno

Misteri Harta Karun Tersembunyi Peninggalan Bung Karno

Naviri Magazine - Klaim tentang harta peninggalan Presiden RI pertama, Soekarno, mungkin sudah sering kita dengar. Namun, setelah diusut, pengakuan seperti itu hanya omong kosong belaka.

Pada Januari 2011 silam, klaim serupa muncul dari daerah Bolaang Mongondow, wilayah Sulawesi Utara. Terdapat seorang kakek yang mengaku mempunyai emas batangan dan surat berharga (obligasi) kekayaan Negara Republik Indonesia. Benda-benda berharga itu, menurut sang kakek, tersimpan di sebuah bank di Swiss.

Nama kakek itu Zakaria Sukaria Pota, yang mengklaim telah berusia 126 tahun. Bagi warga setempat, nama Zakaria Sukaria Pota mengandung arti 'Berubah-ubah Wajah'. Untuk membuktikan klaimnya, kakek Zakaria menunjukkan pedang serta pisau terbuat dari emas, dan empat buah emas batangan. Diperlihatkan juga tongkat komando, yang oleh Zakaria diakui milik almarhum Presiden Soekarno.

Tak hanya itu, Zakaria juga mengklaim memiliki obligasi yang distempel Garuda dengan tinta emas. Adapun nilainya, menurut Zakaria, mencapai triliunan rupiah. Obligasi itu sudah siap dicairkan di sebuah bank internasional.

Surat berharga itu tersimpan di dalam pedang panjang, yang panjangnya dua meter dan terbuat dari emas. Zakaria Sukaria Pota mengaku mendapat kuasa langsung Sang Proklamator untuk mencairkan uang tersebut di bank di Swiss, untuk kemudian supaya langsung diberikan kepada negara.

Zakaria bersedia menunjukkan benda berharga peninggalan Sukarno yang lain, berupa batangan-batangan logam mulia, emas, dan senjata. Semua harta karun itu asal muasalnya peninggalan Jepang.

Zakaria pernah tinggal di Istana zaman presiden Soekarno masih memimpin negeri ini, tuturnya. Benda-benda pribadi peninggalan Bung Karno di antaranya ialah tongkat komando, keris, batangan emas, dan telur, baju panglima Soekarno, serta tusuk konde Ibu Fatmawati, istri Presiden Pertama RI Soekarno.


Related

World's Fact 3376999096176368935

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item