Misteri Kemunculan Piramida di Bosnia yang Menghebohkan Dunia

Misteri Kemunculan Piramida di Bosnia yang Menghebohkan Dunia

Naviri Magazine - Kita tentu mengenal piramida di Mesir, yang terkenal sebagai Piramida Giza. Bangunan itu sangat besar sekaligus kokoh dan tinggi. Selama ini, piramida Mesir memang sangat terkenal, dan mungkin kebanyakan orang mengira piramida hanya ada di Mesir.

Belakangan, muncul fenomena yang merupakan kenyataan aneh dan menggegerkan dunia, yaitu kemunculan piramida di Bosnia. Disebut “kemunculan”, karena piramida itu sebelumnya tidak ada, atau tidak tampak. Belakangan, terungkap bahwa ada tiga piramida terkubur di bawah tanah, di Bosnia.

Tempat kemunculan piramida itu bernama Bukit Visocica, di kota Visoko, Bosnia Herzegovina, 30 Km sebelah Utara Sarajevo. Banyak orang tidak menyangka bahwa sebenarnya perbukitan Visocica yang telah tertutup oleh lebatnya vegetasi liar di sekitarnya merupakan bangunan piramida kuno. Karenanya, ketika fakta itu terungkap, dunia pun gempar.

Bukit Visocica, yang mempunyai tinggi antara 200-230 meter dari permukaan laut, jika dipandang dari jarak sekitar 700 meter, seakan-akan memang membentuk sebuah bangunan piramida (bentuk limas) dengan sketsa yang kasar.

Seorang arkeolog Bosnia, Semir Osmanagic, telah memberi konfirmasi bahwa penggalian sudah mulai dilakukan. Kini, beberapa terowongan yang diperkirakan merupakan pintu masuk dari piramida telah terbuka.

Rata-rata ruangan-ruangan pada piramida kini sudah dapat dimasuki beberapa pekerja dan para arkeolog. Tim gabungan dari beberapa arkeolog Australia, Austria, Skotlandia, dan Slovenia, juga turut bagian dalam misi penggalian atas ketiga piramida.

Para arkeolog, yang bertanggung jawab penuh atas penggalian, telah memutuskan untuk memberi nama piramida-piramida tersebut. Bukit Visocica, yang merupakan tempat piramida utama, diberi nama "Bosnian Sun Pyramid". Sedangkan dua bukit yang lebih kecil di sekitarnya, masing-masing diberi nama "Bosnian Moon Pyramid" dan "Bosnian Dragon Pyramid".

Total di areal perbukitan itu terdapat tiga piramida yang keseluruhan bangunannya ditutupi oleh lebatnya vegetasi di sekelilingnya. Mengutip pernyataan dari kepala penggalian, Philip Coppens, mungkin piramida-piramida itu dibuat oleh peradaban Illyrians, antara periode 12.000 S.M sampai 500 S.M.

Coppens juga menjelaskan bahwa ia bersama rekan-rekannya belum bisa menemukan sisa-sisa organik, kayu dan batu bara, di sekitar areal piramida, sehingga penelitian masih sulit untuk dilakukan, dan mungkin beberapa analisa yang ada belum sepenuhnya benar.

Jika benar piramida-piramida tersebut dibuat antara periode 12.000 S.M sampai 500 S.M, maka dimungkinkan pada ahir zaman es, peradaban manusia zaman dulu telah mampu membuat bangunan kolosal semegah itu. Dari beberapa informasi penggalian di areal perbukitan Visocica, penggalian atas situs purbakala tersebut telah mengalami banyak perkembangan pesat.

Para arkeolog kini telah berhasil menemukan beberapa terowongan lain di sekitar areal lereng bukit. Ruangan-ruangan di dalam piramida juga sudah banyak ditemukan, namun tidak ada satu mumi pun ditemukan di Sun Piramid. Tampaknya Bosnian Sun Pyramid memang bukan dibangun sebagai areal pemakaman.

Para arkeolog percaya, bahwa penemuan piramida di Visocica ini akan mempunyai implikasi lebih lanjut terhadap perubahan pengetahaun sejarah di dunia. Dengan membandingkan teknik arsitekturnya, Bosnian Pyramid mungkin dibangun oleh orang-orang sama yang juga telah ikut terlibat dalam pembuatan The Great Pyramid Giza, dan mungkin saja Bosnian Pyramid menjadi piramida terakhir yang dibuat.

Tetapi, perkiraan tersebut mungkin saja salah, karena bisa jadi Bosnian Pyramid lebih dulu dibangun dibandingkan Piramida di Giza. Bosnian Sun Pyramid memiliki tinggi 220 meter dengan lebar 70 meter, masih kalah besar dengan Piramida di Giza.

Para arkeologis yang tergabung dalam Yayasan Bosnian Sun Pyramid telah mengagendakan rencana-rencana penelitian mereka terhadap tiga buah piramida. Ditargetkan, sebagian besar penggalian terhadap Sun Pyramid telah rampung dilaksanakan. Kemudian akan diteruskan dengan penggalian terhadap dua buah piramida lainnya, yaitu Moon Pyramid dan Dragon Pyramid.

Baca juga: Crop Circle, Lingkaran Misteri Buatan Makhluk Luar Angkasa

Related

World's Fact 7932191885690991706

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item