Kisah Amber Room, Harta Karun Rusia yang Lenyap Misterius

 Kisah Amber Room, Harta Karun Rusia yang Lenyap Misterius

Naviri Magazine - Amber Room barangkali hadiah paling mahal dan paling mewah yang pernah ada di muka bumi. Digambarkan sebagai keajaiban dunia ke-8 oleh orang-orang yang pernah melihatnya, Amber Room merupakan harta karun paling unik sepanjang sejarah.

Amber Room, atau Ruangan Amber, merupakan sebuah ruangan berukuran 11 kaki persegi, terdiri dari panel-panel dinding berukuran besar, bertatahkan beberapa ton batu Amber yang luar biasa, cermin-cermin besar yang di sisi-sisinya terdapat dedaunan terbuat dari emas, serta empat buah mozaic Florentine yang luar biasa indah.

Tersusun dalam 3 tingkat, ruangan tersebut bertatahkan permata yang tak ternilai harganya. Di dalamnya tersimpan berbagai koleksi benda seni buatan Prusia dan Rusia yang paling berharga.

Amber Room dibuat oleh Raja Friedrich I dari Prusia, untuk diberikan kepada Czar Rusia, Peter yang Agung, pada tahun 1716. Ruangan Amber terletak di Istana Katherine, dekat St. Petersburg. Saat ini, mungkin nilai ruangan itu mencapai miliaran dolar.

Saat Hitler bersama Nazi menyerang Rusia, penjaga Ruangan Amber waswas. Mereka mencoba memindahkan, namun dinding-dindingnya mulai remuk, sehingga mustahil memindahkan dinding-dinding tersebut. Akhirnya, mereka menutupinya dengan wallpaper.

Usaha itu gagal menyembunyikan Ruangan Amber. Saat Nazi meluluhlantakkan Leningrad (saat ini bernama St. Petersburg) pada Oktober 1941, mereka merebut serta memindahkan Ruangan Amber ke Istana Königsberg selama masa perang.

Ketika Königsberg menyerah pada April 1945, Ruangan Amber menghilang, dan sampai sekarang tak pernah ditemukan kembali. Apakah sudah hancur oleh bom selama perang? Apakah tersembunyi di salah satu bunker di luar kota? Tak ada yang tahu pasti.

Saat ini telah diciptakan replika Ruangan Amber, yang dibuat dengan sangat teliti, di Istana Catherine.

Related

Mistery 3174333500050024031

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item