Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja dan Menurunkan Stres

Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja dan Menurunkan Stres

Naviri Magazine - Stres dan produktivitas adalah kata yang lekat dalam dunia profesional maupun bisnis. Hal yang membedakan, tentunya cara masing-masing orang mengatasinya. Namun, sebenarnya ada cara yang sangat sederhana untuk mengatasinya.

Cara itu adalah dengan meningkatkan literasi keuangan pada diri sendiri. Pemahaman ini penting bagi siapapun. Litrasi keuangan akan membuat seseorang tahu apa yang penting untuk jangka pendek, menengah, dan panjang.

Terlebih lagi, data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2016 mengungkap, 68% masyarakat Indonesia memang sudah menggunakan produk dan layanan keuangan. Namun, hanya 29% yang sudah paham keuangan.

Jadi, jumlah orang yang paham pentingnya menabung dan investasi untuk kesejahteraan masa depan masih terbatas. Lalu apa hubungan dengan stres dan produktivitas kerja? Berikut alasannya, seperti dilansir Inc-Asean.

Turunkan risiko stres

Paham tujuan dan pengelolaan keuangan akan membuat seseorang lebih santai menjalani hari dan tak mudah stres. Sebab, dia tahu sudah membuat perencanaan dengan baik untuk meminimalkan kegagalan dan menjauhkan diri dari utang.

Paham konsep dasar literasi keuangan juga akan membuat hidup lebih fokus mewujudkan cita-cita. Jadi, kamu tidak akan mudah membuang-buang waktu dan uang untuk hal tidak bermanfaat.

Tingkatkan produktivitas

Salah satu penyebab orang mudah stres adalah tidak punya rencana masa depan. Hal ini terkait langsung dengan produktivitas kerja. Banyak hasil studi mengungkap, stres memiliki pengaruh langsung pada produktivitas.

Tingkatkan loyalitas

Sebagai pengusaha, membekali karyawan dengan konsep literasi keuangan adalah hal penting. Bila karyawan paham keuangan, mereka akan bahagia, sehingga timbul loyalitas. Mereka pun bekerja bukan hanya untuk mendapat uang, tapi juga untuk mengembangkan diri. Ini adalah bentuk nilai tambah.

Related

Career 9114610432981855051

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item