Terobosan Baru, Styrofoam Jadi Bahan Baku Pembuatan Rumah

Terobosan Baru, Styrofoam Jadi Bahan Baku Pembuatan Rumah

Naviri Magazine - Styrofoam rupanya bisa menjadi bahan baku pembuat dinding rumah, terutama jenis Expanded Polystyrene. Material ini memang tidak digunakan begitu saja. Expanded Polystyrene perlu dilapisi kembali dengan kawat baja, dan diberi plaster hingga membentuk panel Expanded Polystrene System (EPS).

Di Indonesia, panel EPS sebenarnya sudah dikenal. Salah satu perusahaan yang memasarkannya adalah anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk, yaitu PT Modern Panel Indonesia. Perusahaan tersebut menggunakan nama dagang M Panel untuk panel istimewa ini.

Dalam pameran Indobuildtech di Jakarta Convention Center, pameris yang mengenalkan EPS buatan PT Modern Panel Indonesia mengungkapkan bahwa meski ringan, styrofoam kuat dan aman untuk dijadikan bahan baku pembuat dinding rumah. Asalkan, jenis panel EPS.

"Panel ini aman, kuat. Selain itu, panel ini juga tahan api. Sebenarnya, kawat baja yang melapisi styrofoam sudah membuatnya kuat, kemudian diplaster lagi. Adanya styrofoam membuat penggunaan beton jadi jauh lebih sedikit," ujarnya.

Sistem panel ini tidak hanya digunakan sebagai partisi. Panel bisa juga digunakan sebagai dinding eksterior rumah, lantai, bahkan tangga. PT Modern Panel Indonesia menyediakan Single Panel yang terdiri dari Single Panel Structure (PSM), Single Panel dengan dua kawat baja (PSMHP), dan Single Panel Partisi (PST), Double Panel, Stair Panel, EPS Roof Panel, dan Floor Panel.

Untuk tangga, atau yang disebut juga dengan stair panel (PSC), desain ukuran bisa disesuaikan dengan tinggi lantai. Penyaluran bebannya terdapat pada lubangan balok di bawah setiap pijakan tangga. Lubangan tersebut diisi dengan tulang besi baja tiga lonkor, dan dicor beton K300. Ada pula landing panel (PNR) yang ukurannya bisa disesuaikan dengan tangga.

Related

Technology 1471502755622000132
item