Anatole France, Tokoh Penting Dunia Sastra Prancis Awal Abad 20

Anatole France, Tokoh Penting Dunia Sastra Prancis Awal Abad 20

Naviri Magazine - Anatole France adalah penulis dan salah satu tokoh utama dalam sastra Prancis akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, yang mendapatkan penghargaan Nobel Sastra tahun 1921. Ia dilahirkan di Paris, 16 April 1844.

Nama aslinya adalah Jacques Anatole François Thibault. Ayah France adalah seorang penjual buku, dan menamai tokonya “Librarie de France”. Dari situlah sang penulis mengambil nama marga.

Sejak belia, France sudah tertarik pada buku dan aktivitas membaca, dan ia belajar di Collége Stanislas. Pada tahun 1860-an ia menjadi asisten ayahnya, lalu menjadi editor dan asisten penerbit di Bacheline-Deflorenne dan di Lemerre, serta bekerja sebagai guru. Ia juga bergabung dengan beberapa kelompok penyair, dan membangun reputasi tinggi dalam lingkungan sastra.

Karya pertamanya dalam bentuk novel berjudul “Le Crime de Sylvestre Bonnard”, yang langsung menjadi karya terkenal. Novel itu dipuji untuk prosanya yang indah dan elegan, yang membuatnya memenangkan penghargaan dari Akademi Prancis. Beberapa karyanya yang lain di antaranya adalah “L’Histoire contemporaine”, “La Rôtisserie de la reine Pédauque”, dan “L’Île des Pingouins”.

Anatole France meninggal pada 12 Oktober 1924 dalam usia 80 tahun di Tours, di mana ia pindah setahun sebelumnya. Banyak anggota pemerintahan Prancis menghadiri pemakamannya.

Related

Figures 2443101958861019194

Recent

item