Kisah Artis-artis Indonesia yang Mualaf dan Memilih Hijrah (Bagian 1)

Kisah Artis-artis Indonesia yang Mualaf dan Memilih Hijrah

Naviri Magazine - Ada cukup banyak artis Indonesia, pria maupun wanita, yang memilih menjadi mualaf (masuk agama Islam). Selain itu, ada banyak pula artis Indonesia yang sudah Islam memilih untuk hijrah, dalam arti memperbarui penampilan dan kehidupan mereka secara lebih religius.

Di luar kehidupan para artis, tentu banyak orang yang menjalani hal serupa. Namun, pandangan masyarakat lebih tertuju pada artis yang melakukan hal semacam itu. Siapa saja artis Indonesia yang menjadi mualaf dan memilih hijrah? Berikut ini di antaranya.

Teuku Wisnu

Teuku Wisnu adalah salah satu selebritis Indonesia yang mulai meninggalkan dunia keartisan. Wisnu, begitu ia akrab disapa, kini mulai jarang terlihat di televisi. Selain mengubah penampilan, Wisnu juga mengganti namanya.

Sebelumnya, Wisnu yang mengganti nama menjadi Teuku Al-Fatih ini sibuk membangun bisnis busana muslim. Sesekali ia tampil di televisi sebagai presenter acara religi. Rupanya Wisnu belum puas dengan dunia bisnisnya.

Aktor yang menanjak berkat sinetron 'Cinta Fitri' bersama Shireen itu kini membuka usaha bernama 'Malang Strudel' yang berfokus pada oleh-oleh khas Malang, Jawa Timur.

Sunu 'Matta Band'

Selain sibuk dengan kegiatan musik, para personel band Matta mulai mendalami agama. Belakangan, pengalaman spiritual yang dirasakan mengubah Sunu memiliki pandangan yang berbeda tentang hidup.

"Ya, sekarang anak-anak Matta alhamdulillah sudah lebih religius. Kita satu tongkrongan di masjid, pesantren tiga hari satu bulan sekali. Kita sekarang selalu ikut program itu," ujar sang vokalis, Sunu.

Bella Saphira

Bella Saphira memutuskan untuk menjadi mualaf di masjid Istiqlal pada 2013. Tak lama kemudian, dirinya menikah dengan Mayjen Agus Surya Bakti.

Semenjak memutuskan menjadi muslim, Bella melaksanakan ibadah haji. Dia juga mengubah penampilannya menjadi lebih tertutup. Bella pernah mengungkapkan pengalaman pertamanya ibadah puasa, yang di awal terasa cukup berat.

"Tapi setelah hari kedua maupun hari ketiga sampai satu minggu, ternyata bisa lolos," ucapnya.

Derry Sulaiman

Mantan gitaris band metal Betrayer itu kini menjelma menjadi seorang pendakwah, dan penyanyi religi. Mendapatkan teguran dari Allah melalui seorang teman, Derry akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang yang dekat dengan Allah.

Derry juga berdakwah lewat musik melalui grup Medina, dengan debut single 'Dunia Sementara, Akhirat Selamanya', yang diciptakan Derry.

Sophia Latjuba

Sophia Latjuba memutuskan untuk menjadi mualaf April 2014. Namun, dirinya membantah menjadi mualaf karena akan menikah dengan Ariel 'NOAH'.

Sophia juga dikenal enggan membicarakan masalah pribadi ataupun keputusannya masuk Islam sejak 2013 itu. "Saya nggak suka ditanya soal ritual agama saya. Anak-anak saya non-muslim. Karena kalau saya ngomong, jadi bulan-bulanan orang," tuturnya.

Beery 'Saint Loco'

Beery Manoch mengganti namanya menjadi Mohammad Berry Al Fatah Manoch setelah menjadi mualaf. Apa arti nama barunya itu?

"Kemarin diganti dengan nama Mohammad Beery Al Fatah. Al Fatah kan artinya dibukakan. Selama ini mungkin hidupnya tertutup dan sekarang dibuka sama Allah," kata Beery.

"Dari pas kesiram air keras, dari sanalah mulai banyak cobaan. Sampai satu titik memperhatikan teman. Ternyata teman aku ini dalam agamanya. Aku perhatiin dia di antara morat-marit hidup aku. Dia tetap rock n roll, cuma di satu sisi dia punya kehidupan normal, punya keluarga bahagia, nggak ngejar sesuatu sampai ambisius atau apa, tapi tetap dengan keadaan seperti itu dia punya kenikmatan," papar Beery.

Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo sudah lama menjadi seorang mualaf. Ibunya pemeluk Katholik sedangkan bapaknya Budha. Sebelum akhirnya menikah dengan Maulana Indraguna pada 18 Mei 2010, Dian berhasil mewujudkan keinginannya khatam Alquran. Ketika itu, dia juga sempat berbagi cerita mengenai prosesnya belajar mengaji, sampai tentang toleransi dan dukungan dari ibunya yang Katolik.

"Mama aku yang Katolik benar benar supportif dan mendukung aku untuk khatamin Qur'an sebelum menikah. Dia bahkan ikut terharu pas aku melafalkan ayat-ayat juz amma di akhir pembacaan Qur'an, dia tahu usaha aku yang les ngaji terus terusan demi bisa selesai sebelum nikah," katanya.

Terry Putri

Pacsa bercerai dari sang suami, Terry Putri hingga saat ini masih betah sendiri. Tak lama kemudian, presenter yang piawai membawakan acara sepakbola itu memutuskan memakai hijab. Ia mengatakan bahwa aurat perempuan adalah sesuatu yang harus dijaga dan ditutup.

"Rasanya lebih lega, tenang. Ada rasa sedih waktu harus buka tutup pakai, terus pas pulang pakai hijab, pas kerja dilepas. Aku juga rasanya udah nggak nyaman, makanya aku putusin mantap hijab, daripada dosa," sambungnya.

Natalie Sarah

Natalie Sarah telah melalui perjalanan hidup yang cukup berliku. Menjadi mualaf pada Juli 2001, Natalie kemudian menjalin kasih dengan pengusaha muda berdarah Arab, Abdullah Rizal. Cinta membawa mereka naik ke pelaminan pada 6 April 2007.

Ketika Natalie memutuskan memeluk Islam, keluarganya sempat tidak setuju. Namun hal tersebut sama sekali tidak membuatnya goyah.

Baca lanjutannya: Kisah Artis-artis Indonesia yang Mualaf dan Memilih Hijrah (Bagian 2)

Related

Celebrity 313524788716086868

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item