Kisah Artis-artis Indonesia yang Mualaf dan Memilih Hijrah (Bagian 2)

 Kisah Artis-artis Indonesia yang Mualaf dan Memilih Hijrah

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah Artis-artis Indonesia yang Mualaf dan Memilih Hijrah - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Laudya Cynthia Bella

Laudya Cynthia Bella mengambil keputusan besar dalam hidupnya saat memutuskan untuk berhijab. Bella merasa dulu masih jauh dari hidayah Allah. Hingga akhirnya, Bella berada di momen di mana ia bertanya alasan hidup. Hingga sepulang umrah, tepatnya akhir 2014 lalu, Bella memutuskan untuk memakai hijab.

"Aku dulu menduakan Allah. Aku lebih dahulukan pekerjaan. Dahulu aku kurang taat. Aku kok nggak menjalani ajaran agama Islam yang aku anut. Ajaran agama aku enggak jalanin, tapi kalau masalah kerjaaan disuruh sutradara kok aku mau-mau aja," sambungnya.

Setelah berhijab, Bella merasakan berkah yang luar biasa. Mulai dari pekerjaan hingga makna hidup yang disebutnya lebih terasa.

Sakti Sheila on 7

Setelah keluar dari Sheila On 7 pada 2006, Sakti telah berganti nama menjadi Salman Al Jugjawy yang artinya Salman dari Jogja. Mantan gitaris itu juga sempat mengeluarkan album religi bertajuk "Selamatkan", dibawah naungan labelnya sendiri yang bernama Al Jugjawy Records. Apa yang mendorong Sakti memilih jalan hidup yang lebih agamis?

"Awalnya karena takut mati. Kita hidup di dunia sementara, tapi di akhirat selamanya. Saya baca buku, catchy-lah buku itu. Saya baca, mengingatkan saya bekal apa nanti, sementara saya merasa belum banyak bekal yang saya bawa," ungkap Sakti.

Davina Veronica

Davina Veronica menjadi mualaf tahun 2003, ia mendapat hidayah saat berada di Roma. Namun sayang, Davina tidak mau membicarakan masalah perpindahan agamanya itu. Baginya, itu sesuatu yang pribadi.

Marsha Timothy

Agama adalah hal yang sangat dalam dan keyakinan masing-masing, hal itu merupakan pandangan Marsha Timoty. Namun ia membantah jika dikatakan masuk Islam karena menikah dengan Vino G Bastian.

“Sekali lagi saya bukan mengikuti Vino (menjadi mualaf), bukan karena siapa-siapa. Itu urusan pribadi, urusan saya dengan Tuhan. Enggak bisa di-create, dan enggak bisa diada-adain. Itu urusan dari hati. Saya menjadi mualaf nggak bisa dijelaskan," kata Marsha yang mengaku tak terlalu nyaman membicarakan proses spiritualnya ke publik.

Rida 'RSD'

Mantan personel grup vokal RSD, Rida, memutuskan untuk berhijab dan mendekatkan dirinya dengan Allah. Ia pun sudah beberapa kali berdakwah meski harus dibantu ustad pendamping.

Rida mengatakan proses spiritualnya hingga memutuskan berhijab tidaklah mudah. Tapi dia bersyukur diberi kemantapan hati. Rida saat ini mengisi kegiatannya untuk berbisnis dan berdakwah.

Rebecca Reijman

Setelah tinggal cukup lama di Belanda, Rebecca Reijman kembali ke Indonesia untuk meniti karier di bidang musik dan merilis album Kata Hati. Rebecca mengalami perjalanan spiritual yang magis ketika mendengarkan ayat Alquran saat tahlian mendiang musisi Andrey Chilink.

Rebecca merasa hatinya tak lagi hampa, dan merasakan ada sesuatu yang memberinya kekuatan batin dalam menghadapi segala permasalahan hidup.

Alice Norin

Alice mengaku semakin banyak belajar tentang Islam dari film yang dibintanginya, 'Ketika Cinta Bertasbih'. Tapi ia memutuskan untuk menjadi seorang mulaf pada 2008, sebelum film pertama itu dirilis. "Itu lebih ke keyakinan. Kalau aku sedang ada masalah, pasti ada aja jalannya.”

Alice mengaku tak cuma belajar Islam sebatas teori. “Dulu Mama pernah datang ke pengajian, aku suka ikut. Aku juga suka menemani Mama puasa. Dulu kalau salat Id bareng Mama ke Bandung, lalu pulang ke rumah Mama di Cicalengka," ucapnya.

Tamara Bleszynski

Berawal dari pengamatannya di Australia saat melihat umat Islam menjalankan puasa dan salat, Tamara akhirnya memutuskan untuk menjadi mualaf tahun 1995, dan kemudian menikah dengan Teuku Rafly.

"Ketertarikan saya pada agama Islam, juga terpaut pada sisi ketaatan pemeluknya. Saya juga penasaran dengan gambaran sosok Tuhan dan nabi dalam Islam. Saya mengamati, dalam agama lain, sosok Tuhan dan nabi digambarkan secara konkret. Walaupun demikian Tuhan dan nabi sangat dekat dengan mereka, lebih dekat dari urat leher manusia," ujar Tamara.

Adipura

Tak banyak yang tahu bahwa aktor Adipura kini sudah berubah. Perubahannya ditandai dengan penampilan dirinya yang semakin hari semakin agamis. Ia juga sudah beberapa kali mengisi dakwah di berbagai pengajian. Namun Adipura tidak mau disebut dan dipanggil sebagai Ustad.

Tere

Pada 2001 silam, saat sedang tidur, Tere mengatakan dirinya mendapatkan hidayah, dan saat itu juga wanita yang berprofesi penyanyi tersebut yakin untuk memeluk Islam. Tere mengakui bahwa dirinya tidak begitu saja pindah agama. Semuanya mengalami proses yang panjang.

Caisar

Menyadari dulu hanya mementingkan dunia dan mengabaikan kewajiban beribadah, Caisar bangkit. Ia mengaku sudah tak mau lagi hanya mengejar materi.

Ia mengaku kini selalu mengutamakan ibadah. Dahulu, Caisar berujar, kerap mengabaikan salat karena mengejar acara stripping. Dari cara berpakaian pun dia sudah berubah.

"Kayak gini aja udah. Paling koko, pakai peci, jadi tenang aja udah," akunya.

Related

Celebrity 4426470822453598110

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item