Ini yang Perlu Dilakukan Jika Sering Cemas Memikirkan Keuangan

Ini yang Perlu Dilakukan Jika Sering Cemas Memikirkan Keuangan

Naviri Magazine - Ada banyak orang yang sering cemas bahkan khawatir terkait keuangannya. Mereka yang mengalami cemas bukan hanya yang gaji atau penghasilannya pas-pasan, tapi juga mereka yang sebenarnya memiliki penghasilan bagus tapi sering kehabisan uang. Mendapatkan uang memang satu hal, tapi mengelola uang adalah hal lain.

Megan McCoy adalah terapis keuangan, yang sering membantu orang-orang yang bermasalah dengan finansial mereka. Selama menjalani profesi tersebut, ia menemukan fakta bahwa banyak sekali orang yang stres setiap hari karena tagihan dan pembayaran.

"Kecemasan merupakan sumber stres. Terkadang, itu menjadi hal yang umum sehingga kita sering sakit tanpa alasan yang jelas," kata McCoy.

McCoy dan Barbara Feinberg, terapis lainnya, berpikir bahwa 'nilai uang' dari masa kecil, menentukan bagaimana kita bereaksi terhadap masalah keuangan. Jika Anda tumbuh dalam keluarga yang ketat dalam mengatur uang, ada kemungkinan Anda menerapkan pola pikir yang sama hingga dewasa.

"Uang memiliki makna yang berbeda bagi setiap orang. Anda harus bisa menemukan artinya sendiri. Apakah itu keamanan, kebebasan, atau justru mengekang?" kata Feinberg.

Jadi, langkah pertama dalam menjalin hubungan yang lebih sehat dengan uang adalah mengakui bahwa itu bukan sekadar benda mati.

Mengatur keuangan di tahun ini

Hal pertama yang diminta Feinberg kepada kliennya agar mereka memiliki kendali atas keuangannya adalah mengisi kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan terkait uang. Misalnya: 'Saya menghabiskan uang seperti ibu saya', atau 'Saya bermasalah dalam membicarakan uang'.

Jika mereka sudah mengungkap masa lalunya, maka ini saatnya memulai dialog untuk menangani keuangan di masa sekarang.

"Bicara adalah kuncinya. Kecemasan apa pun, termasuk tentang uang, dapat meracuni pikiran Anda jika dibiarkan. Itu perlu dikeluarkan," papar McCoy.

Idealnya, Anda harus bertemu dengan terapis atau perencana keuangan yang dapat meluruskan perspektif Anda tentang uang. Namun, membicarakan masalah tersebut dengan teman atau keluarga juga bisa membantu.

Apabila Anda sudah bisa terbuka dan membicarakan tentang uang, maka langkah selanjutnya adalah membuat rencana finansial.

"Kecemasan sering muncul ketika kita tidak berdaya dan tidak memiliki kendali. Jadi, meskipun situasi keuangan tidak sempurna, tapi jika Anda memiliki rencana untuk memperbaikinya, maka Anda akan lebih bahagia," tambahnya.

McCoy telah melihat banyak orang yang berhasil mengatasi masalah keuangannya dengan bantuan aplikasi. Anda juga bisa melakukan cara tersebut.

Jika Anda masih kesulitan membuat perencanaan keuangan selama seminggu atau mengatur jadwal melunasi utang, maka ingatlah Anda tidak sendirian. "Uang merupakan masalah sensitif, jadi pembiasaan mungkin bisa membantu," pungkasnya.

Anda bisa memulainya dari hal-hal kecil, misalnya dengan mencatat setiap pengeluaran, dan mengevaluasi diri jika terlalu banyak membelanjakan uang dalam seminggu/sebulan.

Related

Tips 2966107354269486831

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item