John Wick Bersaing dengan Avengers: Endgame di Puncak Box Office

John Wick Bersaing dengan Avengers: Endgame di Puncak Box Office

Naviri Magazine - Yang satu film untuk dewasa, sementara yang satu lagi film untuk semua usia. Itulah persaingan antara film John Wick 3 dengan Avengers: Endgame, yang keduanya menduduki peringkat atas box office.

Sebagai satu di antara film paling ditunggu pada 2019, John Wick: Chapter 3 - Parabellum langsung menggebrak pasar box office. Pada akhir pekan (17-19 Mei) lalu, film yang menampilkan lakon utama Keanu Reeves ini langsung menggusur Avengers: Endgame dari posisi puncak.

Dari pasar domestik Amerika Utara (AS dan Kanada), Parabellum langsung meraih pemasukan kotor AS $57 juta atau sekitar Rp825 miliar. Sementara dari CinemaScore, Parabellum mendapat nilai A- seperti halnya John Wick: Chapter 2 saat pemutaran perdana pada 2017.

Secara keseluruhan pada akhir pekan lalu, Parabellum meraih $92 juta karena ketambahan $35 juta dari pasar internasional. Dengan begitu, film yang dibesut sutradara Chad Stahelski ini mengungguli dua film terdahulu pada periode sama; masing-masing $14,4 juta dan $30,4 juta—di luar faktor inflasi.

Variety menyebut, Parabellum pun menjadi film pertama dengan kategori rating R yang mampu menduduki posisi teratas box office pada pekan perdana. Pemasukannya dari 66 pasar internasional juga menjadi rekor franchise.

Parabellum juga mencetak rekor lain, yaitu film pertama non-Marvel pada 2019 yang mampu meraih pemasukan besar pada pekan perdana. Segala catatan itu jadi tidak mengherankan karena Parabellum serta akting Reeves menuai pujian.

Parabellum mendapat popcorn 92 persen dan tomat segar 88 persen dari situs kritikus film Rotten Tomatoes. Sedangkan laman IMDB memberi bintang hingga 8,2 persen.

Laman kritikus Pedestrian TV menjabarkan nilai positif Parabellum. Selain akting Reeves; film ini patut ditonton karena adegan perkelahiannya—termasuk melawan dua aktor laga Yayan Ruhiyan dan Cecep Arif Rahman, serta dialog bahasa Indonesia.

"Tak ada yang lebih memuaskan dengan menonton sang pembunuh veteran (Wick) melawan 16 orang dengan tangan kosong, lantas berimprovisasi dengan buku, pensil, ikat pinggang, serta pisau," tulis laman tersebut memberi pujian.

Pedestrian TV juga menyebut Parabellum sebagai film bagus karena menggunakan kuda sebagai alat untuk menyerang, melibatkan anjing dalam perkelahian, dan penampilan aktris Hale Berry.

Segala kredit bagus dan pundi uang yang masuk juga turut menyelamatkan Lionsgate sebagai rumah produksi. Maklum, Lionsgate cukup terpukul dengan sejumlah karyanya yang memakan dana besar.

Meski meraih sukses lewat A Madea Family Funeral dan Five Feet Apart, Lionsgate gagal lewat film berbiaya besar seperti remake Robin Hood, Hellboy, serta film komedi Long Shot yang menampilkan aktor-aktris tenar Seth Rogen dan Charlize Theron.

Engame terlaris sepanjang masa

Umur Endgame di tangga teratas box office hanya tiga pekan. Namun, film pamungkas Marvel Cinematic Universe ini berhasil mengalahkan Avatar (2009) untuk menjadi film terlaris sepanjang masa di pasar domestik AS dan Kanada.

Duduk di posisi runners-up box office akhir pekan lalu, Endgame sudah mengumpulkan total $770 juta dalam empat pekan pemutaran. Sementara Avatar mengantongi pemasukan kotor $760,5 juta.

Namun dalam pekan ketiga, Endgame hanya berhasil mendapatkan $29,4 juta. Itu sudah cukup bagi Endgame untuk menahan Pokemon Detective Pikachu di bawahnya.

Meski begitu, pertarungan Endgame dan Avatar seolah tak ada artinya karena kedua film tersebut sama-sama dirilis oleh rumah produksi Disney. Rekor bukan tak mungkin direbut kembali oleh Avatar yang akan mengeluarkan tiga sekuel pada kurun 2021 hingga 2027.

Berikut daftar film terlaris di AS dan Kanada pada periode 17-19 Mei 2019 menurut versi Box Office Mojo.
  1. John Wick: Chapter 3 - Parabellum $57 juta (pekan perdana).
  2. Avengers: Endgame $29,4 juta (total $770 juta - pekan 4).
  3. Pokemon Detective Pikachu $24,8 juta ($94 juta - pekan 2).
  4. A Dog's Journey $8 juta (pekan perdana).
  5. The Hustle $6 juta ($23 juta - pekan 2).
  6. The Intruder $4 juta ($28 juta - pekan 3).
  7. Long Shot $3,4 juta ($25,7 juta - pekan 3).
  8. The Sun Is Also a Star $2,6 juta (pekan perdana).
  9. Poms $2 juta ($10 juta - pekan 2).
  10. Uglydolls $1,6 juta ($17,2 - pekan 3).

Related

Film 6061355664218897386

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item