Di Negara Ini, Perempuan Jomblo Dilarang Makan di Restoran

 Di Negara Ini, Perempuan Jomblo Dilarang Makan di Restoran

Naviri Magazine - Beberapa restoran di Arab Saudi melarang perempuan yang tidak/belum memiliki pasangan memasuki tempat mereka. Di sana, para wanita jomblo dinilai memiliki kepribadian dan mental tidak stabil, hingga membuat mereka melakukan hal-hal tak penting.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, para perempuan lajang ini kerap kegenitan, tebar pesona, merokok, dan main-main dengan ponsel pintar mereka. Ini banyak mereka lakukan di restoran-restoran, dan ternyata membuat banyak pemilik rumah makan itu keberatan.

Banyak pegiat hak asasi perempuan mengatakan, peraturan ini sebenarnya terselubung dalam menegakkan syariat Islam. Tidak ada hukum yang melarang wanita bepergian sendiri di Saudi, namun sebagai muslim, diyakini mereka harus ditemani anggota keluarga yang lelaki saat memasuki ruang publik.

"Kami menaruh tanda ini (larangan wanita lajang memasuki restoran), sebab ada sejumlah 'kecelakaan' tebar pesona pernah terjadi di restoran ini," ujar salah satu pemilik restoran yang tidak disebutkan namanya.

Para pengusaha restoran baru akan menyingkirkan tanda itu, jika hal-hal tak diinginkan berkurang. Menurut mereka, kebiasaan tebar pesona, perselingkuhan, atau perilaku tak berguna lain, bisa mengancam bisnis rumah makan.

Seorang pemuda bernama Talal menceritakan kisahnya. Saat itu, restoran milik saudaranya sedang ramai dan, banyak keluarga makan di tempat itu. Tak disangka, sekelompok perempuan lajang masuk ke restoran tersebut dan berbicara keras-keras, tak peduli dengan sekitar mereka.

"Dengan membawa pasangan, mereka jauh lebih bertata krama," ujar Talal.

Saudi memang tercatat memiliki beberapa peraturan yang tidak menguntungkan kaum perempuan.

Tidak ada batas umur perempuan boleh menikah atau dinikahkan, asal sesuai dengan keputusan ayahnya. Wanita boleh mengendarai sepeda, namun harus mengenakan busana tertutup dan cadar, serta ditemani oleh penjaga lelaki.

Related

World's Fact 2045875338441775301

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item