Aneka Manfaat Drone Bagi Kehidupan Manusia (Bagian 2)

Aneka Manfaat Drone Bagi Kehidupan Manusia

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Aneka Manfaat Drone Bagi Kehidupan Manusia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Untuk misi ini, para ilmuwan memilih drone Global Hawk yang berukuran besar, dengan rentang sayap selebar Boeing 737, dan dapat terbang selama 28 jam pada ketinggian maksimum 18.3 Km dari permukaan laut; kemampuan ini lebih tinggi daripada yang bisa dilakukan pesawat berpilot pada umumnya.

Dengan dipersenjatai peralatan ilmiah, drone memberikan aliran data yang konstan terkait kondisi atmosfer dan intensitas badai. Instrumen-instrumen sains yang dipasang juga termasuk Scanning High-Resolution Inferometer Sounder dan Cloud Physics Lidar, juga Dropsonde System dari National Oceanographic and Atmosphere Association.

Bersama, alat-alat itu mengalirkan data tentang suhu lapisan dalam badai, struktur awan, dan banyak lagi, memungkinkan para ilmuwan untuk melihat ke dalam struktur lapisan sebuah sistem cuaca. Cuaca memiliki banyak variabel yang mempengaruhi kekuatan badai, tapi berkat drone para peneliti mendapatkan pandangan dan pemahaman yang jauh lebih baik tentang bagaimana potongan-potongan puzzle itu terpasang.

Drone untuk pelacakan

UAV yang dilengkapi dengan kamera dan GPS adalah anugerah bagi orang-orang yang ingin melacak kehidupan alam liar. Natural Resource Departement dan para ilmuwan seringkali melacak spesies hewan tertentu (yang sudah dipasangi kalung pelacak maupun tidak), seperti halnya mereka melacak kumpulan banyak spesies demi memahami lebih baik perilaku mereka.

Tanpa UAV, para ilmuwan seringkali terhambat dengan hutan dan pegunungan. Tapi dengan Drone, mereka bisa dengan mudah mengawasi dan mempelajari habitat serta hewan-hewan dari kejauhan.

Drone juga digunakan untuk melawan para pemburu. Google mendanai sebuah program yang menyediakan drone bagi WWF yang terbang di atas area yang rawan terjadi perburuan ilegal dan mengancam eksistensi hewan yang dilindungi.

Para penegak hukum dapat menggunakan drone untuk mengawasi hewan-hewan dan mengantisipasi area penyergapan. Dengan ukuran yang kecil dan hampir tak bersuara, drone sangat sempurna untuk memata-matai penjahat yang ingin menjarah sumber daya alam di sebuah negara.

Drone untuk penyelamat

Kita sudah mengetahui bahwa UAV/drone membantu para ilmuwan melacak dan menguraikan apa yang ada di dalam sebuah sistem badai. Namun drone juga bisa digunakan pasca bencana.

Segera setelah terjadinya bencana alam, pihak berwenang harus melakukan pengukuran kerusakan, jadi mereka bisa tahu berapa banyak orang yang terkena dampaknya dan seberapa luas kekacauan yang terjadi. Drone biaya operasionalnya murah, sebuah cara yang efisien untuk memasang banyak mata digital di cakrawala.

Dengan tetap dilengkapi video dan kamera inframerah, drone juga sangat efektif untuk misi pencarian dan penyelamatan. Mereka bisa terbang jauh melewati sebuah medan, juga bisa mengikuti pola pencarian yang akurat demi menemukan korban hilang.

Mereka juga bisa membantu responden pertama, seperti polisi dan unit pemadam kebakaran. Mereka bisa menemukan korban selamat atau bahkan mendengarkan suara teriakan mereka, atau menunjukkan lokasi jenazah.

Meskipun jalanan dipenuhi reruntuhan dan puing-puing, drone tetap bisa tinggal landas dan mulai memberikan aliran data penting. Kemampuan ini bisa membuat perbedaan yang signifikan antara hidup dan mati bagi banyak orang.

Drone untuk penjagaan

Kebakaran hutan adalah ancaman serius, tidak hanya bagi satwa dan hutan itu sendiri tetapi juga bagi penduduk dan kota yang mereka tempati, khususnya di bagian barat hutan di AS. Pihak penjaga hutan di sana menggunakan menara pengawas dan helikopter untuk menemukan titik api barum dan untuk melacak titik api aktif, namun tugas ini memakan banyak waktu, mahal, dan melelahkan.

Menerbangkan drone untuk menjaga hutan membuat pekerjaan lebih mudah. Contoh salah satu kasusnya, The California Department of Forestry and Fire Protection meluncurkan Drone dengan dilengkapi kamera dan inframerah, plus instrumen pencitraan gambar lain, membantu para penjaga hutan untuk melacak “Rim Fire” yang terkenal itu, yang membakar hutan di sekitar Taman Nasional Yosemite.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Drone Bagi Kehidupan Manusia (Bagian 3)

Related

Technology 4483875051616806602

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item