Aneka Manfaat Drone Bagi Kehidupan Manusia (Bagian 3)

Aneka Manfaat Drone Bagi Kehidupan Manusia

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Aneka Manfaat Drone Bagi Kehidupan Manusia - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Sebagai tambahan selain untuk memonitor api dan mencari kemungkinan titik api baru, drone juga dapat membantu para petugas pemadam kebakaran dalam membuat strategi. Mereka bisa melacak ke mana arah api, sambil terus memantau yang bisa mendorong arah api ke berbagai arah sehingga bisa memberitahu petugas pemadam kebakaran yang lain perihal kondisi tersebut.

Drone yang melayang juga bisa memperkuat sinyal seluler, sehingga petugas pemadam kebakaran bisa tetap terhubung dengan markas. Ini adalah keuntungan yang besar, karena kebanyakan kebakaran hutan seringkali terjadi di lokasi dimana sinyal seluler sangat lemah atau bahkan tak ada sama sekali. Drone adalah pemadam kebakaran hutan untuk masa depan.

Drone untuk kreativitas

Fotografer amatir dan profesional serta para pembuat film adalah sebagian pendukung UAV. Mereka membeli banyak tipe UAV, memodifikasinya demi kebutuhan, dan menggunakannya untuk mengambil gambar dan video.

Kebanyakan drone saat ini dilengkapi dudukan kamera di bagian bawah mesin. Dengan penempatan kamera tersebut, para fotografer dan videografer memasuki dunia baru dan potensi yang tak terbatas di ujung jari mereka.

Misalnya, pada festival Burning Man di Nevada, beberapa drone beterbangan melintasi kerumunan orang, menangkap dan mengabadikan setiap momen yang terjadi dari udara.

Fotografer pernikahan pun sekarang sudah tak lagi diam di darat ketika mengabadikan momen unik pernikahan dan resepsinya, melainkan mereka sudah melayang di udara.

Sebelum drone-drone ini muncul, pemandangan-pemandangan seperti itu sudah pasti mustahil didapatkan tanpa bantuan helikopter atau elevator. Sekarang, langit pun sudah terbuka bagi siapa pun yang mempercayakan sang fotografer untuk mengabadikan momen indah mereka dengan sebuah drone berukuran kecil.

Drone untuk industri

Industri minyak dan gas alam membutuhkan infrastruktur yang besar, luas dan rumit, yang sangat sulit diawasi. Tapi, coba terbangkan sebuah drone dan tiba-tiba segala kesulitan itu begitu mudah.

Contoh, fasilitas Oil Rig/pengeboran minyak lepas pantai sangat sulit diakses. Struktur ini berada puluhan kilometer jauh di tengah laut, dan unit mereka pun ada begitu banyak, setidaknya ribuan unit di Teluk Meksiko sendiri.

Dengan menggunakan drone, teknisi di pantai dapat mendeteksi beberapa masalah keamanan yang bisa terjadi, kebocoran minyak, dan patroli di sekitar unit, untuk mencegah penyusupan di perairan mereka.

Minyak bumi dan gas alam, keduanya membutuhkan jalur pipa yang bisa berkilo-kilometer panjangnya, dan merupakan masalah yang cukup sulit bagi perusahaan untuk terus memantau jalur-jalur pipa ini. Terbangkan sejumlah drone dan perintahkan untuk terbang mengikuti jalur pipa, maka kameranya akan mengirimkan aliran data gambar dan video yang bisa membantu mendeteksi masalah, entah berada pada lokasi yang jauh atau dekat.

Drone tidak hanya digunakan untuk alasan keselamatan dan keamanan. Beberapa perusahaan juga menggunakan mereka untuk menjelajahi Bumi untuk mencari sumber minyak dan gas yang baru.

Dengan perangkat laser dan sensor inframerah yang dtambahkan pada drone, mereka bisa melakukan survei dan pemetaan terhadap permukaan bumi, dan bisa memprediksikan dengan tepat dimana terdapat sumber energi yang baru.

Bisa terbang di dalam air

Mungkin kita berasumsi bahwa drone adalah mesin terbang tak berawak. Akan tetapi teknologi ini berkembang sangat cepat, mesin-mesin terbang tak berawak ini tak hanya bisa terbang di udara melainkan juga di dalam air.

Banyak tipe drone saat ini “terbang” di dalam air untuk misi-misi tertentu. Sebagian digunakan untuk penyelidikan bawah air. Sebagian perusahaan menggunakan mereka untuk memeriksa bagian dari Oil Rig yang berada di bawah air, budidaya ikan, memeriksa kerusakan akibat badai, mencari sistem penyaringan air, dan memeriksa lambung kapal.

Pihak militer menggunakan drone bawah air untuk mencari ranjau laut. Polisi menggunakan tipe drone serupa untuk mencari penyelundupan narkotik di bawah air. Para pencari harta karun dan penyelam juga bisa menggunakan drone jenis ini untuk melihat bangkai kapal yang tenggelam, atau bahkan mencari harta karun di bawah deburan ombak.

Sama halnya seperti drone tipe penerbang, penggunaan drone bawah air pun memiliki ruang lingkup yang tak terbatas. Semua drone ini sudah terbuka untuk siapa pun dan untuk bisnis atau kepentingan apa pun, individual atau korporat yang membutuhkan robot dengan remote control untuk melakukan pekerjaan yang berbahaya atau berisiko tinggi jika dilakukan manusia.

Related

Technology 2509507580057132410

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item