Misteri Amber Room, Harta Karun Paling Terkenal di Dunia

Misteri Amber Room, Harta Karun Paling Terkenal di Dunia

Naviri Magazine - Dari semua harta karun dunia yang hilang, Amber Room adalah salah satu yang paling terkenal. Sebuah ruangan yang dibangun benar-benar berlapis emas, sangat cantik, dan sudah lama dikenal sebagai Keajaiban Kedelapan Dunia.

Amber Room dibangun atas keinginan Raja Friedrich I dari Prusia, yang ingin memiliki ruangan spektakuler. Proyek tersebut ditangani oleh pemahat asal Jerman, Andreas Schulter, dan dibantu perajin amber asal Denmark, Gottfried Wolfram. Proyek tersebut mulai dibuat pada tahun 1701. Seluruh panel di ruangan terbuat dari 6 ton pahatan amber dan emas.

Bangunan tersebut selesai dibangun pada 1709, dan menjadi tempat Raja Prusia. Ketika Raja Friedrich I meninggal, penerusnya, Raja Friedrich Wilhelm I, tidak tertarik pada seni, maka ia menghadiahkan Amber Room kepada Tsar Rusia, Peter the Great, pada 1716.

Ruangan itu lalu dipasang di Istana Musim Dingin di St. Petersburg. Kemudian, oleh Chatrine the Great, Amber Room dipindahkan ke istananya di Tsarskoye Selo, atau Pedesaan Raja-raja.

Ketika Nazi menyerbu Leningrad (St. Petersburg) pada tahun 1941, Soviet berusaha menyembunyikan harta karun terkenal mereka. Tapi bagaimana pun, NAZI tidak mudah tertipu. Tentara NAZI hanya membutuhkan waktu sekitar 36 jam untuk mengambil isi Amber Room dan memasukkannya ke dalam peti. Lalu dengan kereta dibawa menuju Kastil Konigsberg di Jerman.

Pada 1945, Kastil Koenigsberg hancur karena serangan udara. Amber Room pun menghilang dan jadi misteri.

Akibat peristiwa tersebut, berbagai teori bermunculan. Ada yang mengatakan kapal yang mengangkut panel-panel amber itu tenggelam di Laut Baltik. Ada pula yang mengatakan panel-panel amber tersebut dipotong-potong oleh Tentara Merah Rusia.

Akhirnya, kemegahan Amber Room dibangun kembali di Istana Catherine di Saint Petersburg, Rusia, dan diresmikan pada tahun 2003. Namun, misteri ruangan yang asli telah mendorong banyak orang untuk memburunya. Salah satunya adalah pemburu harta karun asal Rusia bernama Sergei Trifonov.

Menurutnya, ia telah menemukan sebuah bungker di peninggalan Perang Dunia II di Koeningsberg (sekarang Klaningrad) di Jerman. Diduga, bungker itulah tempat menyimpan harta karun Amber Room yang hilang.

Related

Mistery 7604461040337428848

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item