Misteri-Misteri Dunia yang Akhirnya Terpecahkan (Bagian 1)

Misteri-Misteri Dunia yang Akhirnya Terpecahkan

Naviri Magazine - Ada banyak misteri di dunia yang semula membingungkan, namun akhirnya terungkap dan terjawab seiring perjalanan waktu. Misteri-misteri itu bisa berkaitan dengan seseorang, suatu tempat, suatu kasus, dan lain-lain. Dari misteri kasus Jack the Ripper sampai misteri Segitiga Bermuda, berikut ini adalah mister-misteri dunia yang telah terpecahkan—atau setidaknya dianggap begitu.

Jack The Ripper

Kisah pembunuh berantai Jack the Ripper telah menjadi kisah misteri yang paling kompleks dalam sejarah Inggris. Teori menyebut identitas pelakunya berasal mulai dari orang miskin hingga anggota kerajaan.

Namun, baru-baru ini, sebuah selendang yang mengandung sampel darah salah satu korban berhasil menguak identitas Jack the Ripper yang sebenarnya. Dia adalah seorang keturunan Polandia bernama Aaron Kominski.

Orang yang berhasil menguak identitas pembunuh kejam tersebut adalah seorang detektif bernama Russell Edwards. Dia berhasil mencocokkan DNA sampel darah tersebut dengan keturunan korban. Meski demikian, para ilmuwan masih menyangsikan sejarah selendang tersebut karena selama bertahun-tahun bisa saja terkontaminasi oleh bahan lain.

Kain Kafan Turin

Kain Kafan dari Turin adalah selembar kain yang diyakini telah digunakan untuk membungkus Yesus setelah kematiannya. Karena mitos itulah, kain tersebut menjadi artefak penelitian para ahli sejarah selama bertahun-tahun.

Namun baru-baru ini, dengan bantuan uji karbon dan berbagai penelitian lainnya, para ahli sejarah telah menyimpulkan bahwa kain itu jauh lebih baru daripada yang diduga, yakni dari tahun 1260 Masehi. Sementara asal-usul gambar pria yang tercetak pada kain masih dipelajari.

Amelia Earhart

Amelia Earhart menjadi berita utama pada tahun 1930 sebagai pilot wanita yang paling ambisius dan sukses saat itu. Dia mencoba memecahkan rekor dengan terbang sejauh 29 ribu mil. Pada sisa penerbangannya pada 1936, ia lenyap secara misterius setelah kehilangan kontak, bersama co-pilot Fred Noonan. Dia benar-benar menghilang tanpa jejak.

Banyak yang menduga dia ditangkap Jepang dan kembali ke AS secara diam-diam, atau hidup di sebuah pulau kosong. Namun, berkat teknologi satelit dan sonar, pada Oktober 2014 diyakini bahwa sebuah bagian pesawatnya ditemukan di lepas pantai sebuah pulau.

Sementara jauh sebelumnya, pada 1940, sisa kerangka manusia ditemukan di tempat yang sama, tapi identitasnya tidak pernah terungkap.

Bio Duck

Selama hampir setengah abad lamanya, para peneliti dibingungkan untuk memecahkan misteri suara yang mereka sebut Bio-Duck. Akhirnya, setelah lama menunggu, misteri tersebut bisa terpecahkan.

Bio-Duck merupakan suara misterius yang terdeteksi di dalam samudera. Suara yang mirip suara bebek ini pertama kali terekam di sekitar lautan lepas Australia. Suara yang memiliki tingkat frekuensi rendah atau sekitar 50 sampai 300 MHz ini pertama kali dideteksi oleh sebuah kapal selam bernama Oberon.

Dikutip dari Sploid Gizmodo, menurut para peneliti, suara tersebut merupakan suara dengan frekuensi rendah yang dikeluarkan ikan paus yang memiliki nama latin Balaenoptera bonaerensis.

Sebelumnya, banyak asumsi, perkiraan sampai dengan dugaan bahwa suara tersebut adalah suara makhluk asing di bawah laut. Tidak hanya itu, ada pula yang menyebutkan bahwa suara tersebut merupakan suara dari dinosaurus yang tersisa dan masih hidup di dasar laut.

Pulau Roanoke

Lenyapnya penduduk Pulau Roanoke di North Carolina tetap menjadi misteri sejak mereka datang pada 1587, dan kemudian hilang pada 1590. Satu-satunya petunjuk hanyalah kata-kata Croatoan yang terpahat di pintu gerbang pelabuhan dan Cro di sebuah pohon.

Banyak yang menanyakan ke mana penduduk tersebut pergi, karena mereka meninggalkan rumah dan perabotnya begitu saja, seolah-olah ditelan bumi. Ahli sejarah dan peneliti beberapa tahun terakhir menyimpulkan bahwa koloni tersebut diserang semacam penyakit, atau mengalami penderitaan yang menyebabkan mereka binasa, atau menyebar ke masyarakat lainnya.

Bukit anti gravitasi

Pernah mendengar cerita tentang bukit ajaib? Bukit yang tampak tinggi sekali, namun saat kita berjalan menuju ke sana terasa seperti jalan menurun. Misteri aneh tersebut membuat para peneliti tertarik dan memecahkannya.

Terdapat ratusan fenomena aneh bernama Bukit Ajaib yang kini lebih dikenal sebagai Bukit Magnet atau Bukit Anti-Gravitasi. Disebutkan, sebuah mobil yang tidak direm akan terlihat berjalan ke atas, atau sebuah jalan menurun terlihat seolah-olah sebagai jalan yang menanjak.

Para ahli akhirnya menemukan bahwa itu hanyalah ilusi optik yang membuat kesan pada mata manusia. Para ahli menyimpulkan bahwa efek tersebut terjadi dari salah persepsi seseorang terhadap gravitasi. Ini disebabkan oleh adanya 'garis horizon palsu' di lokasi itu. Selain efek jalan menurun terlihat menanjak, pohon yang tegak lurus akan tampak miring.

Baca lanjutannya: Misteri-Misteri Dunia yang Akhirnya Terpecahkan (Bagian 2)

Related

World's Fact 2909465357213721278

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item