Misteri Penemuan Bola-bola Batu dari Masa Ribuan Tahun Lalu

  Misteri Penemuan Bola-bola Batu dari Masa Ribuan Tahun Lalu

Naviri Magazine - Saat para pekerja mencangkul dan membakar melalui lebatnya hutan Kosta Rika, guna membersihkan area untuk perkebunan pisang di tahun 1930-an, aktivitas itu terhambat oleh beberapa obyek yang luar biasa: puluhan bola batu!

Kebanyakan bola tersebut berbentuk bundar, bahkan tak sembarang bundar, namun bundar sempurna.

Ukuran mereka bervariasi, dari yang kecil seperti bola tenis sampai yang besar berdiameter 8 kaki (2,4 m) dengan berat 16 ton! Selama beberapa dekade berikutnya, sekitar 300 batu digali, terutama di wilayah Delta Diquis. Bola dengan berbagai ukuran, mulai dari yang berdiameter beberapa centimeter hingga lebih dari 2 meter, ditemukan di dalam hutan.

Meski sangat sulit untuk memperkirakan umur batu tersebut, batu-batu ini diyakini telah diukir sekitar 600 SM. Ada kemungkinan, bola ini terkait dengan budaya Diquis yang berkembang antara 700 SM dan 1530 SM di tempat yang sekarang kita kenal sebagai Kosta Rika.

Tapi tidak diketahui siapa yang membuat dan untuk tujuan apa bola-bola itu dibuat. Dan yang paling membingungkan, bagaimana mereka bisa mencapai presisi lingkaran bola tersebut menjadi bulat sempurna?

Related

World's Fact 741637672702384119

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item