Misteri Tak Terungkap, dari Kapal Hantu Sampai Penerbang Solo

  Misteri Tak Terungkap, dari Kapal Hantu Sampai Penerbang Solo

Naviri Magazine - Pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 masih belum ditemukan hingga hari ini, sejak hilang pada 8 Maret 2014. Misteri masih menyelimuti hilangnya pesawat itu, sehingga menimbulkan banyak teori penyebab hilangnya.

Ada yang menduga pesawat itu jatuh di selatan Samudera Hindia, seperti yang saat ini menjadi fokus tiga negara yang masih serius mencarinya, yaitu Malaysia, Tiongkok, dan Australia. Ada juga yang menduga pesawat itu hilang diculik alien.

Misteri seperti MH370 bukan yang pertama kali terjadi dalam sejarah. Sebelumnya ada sejumlah peristiwa lain yang juga menjadi misteri terbesar dalam sejarah dunia. Ini tiga di antaranya:

1928, kapal hantu Kobenhavn

Kapal laut Denmark, Kobenhavn, berlayar dari Argentina pada Desember 1928 menuju Australia, dengan 60-an penumpang dan anak buah kapal di dalamnya. Pada 22 Desember 1928, kapal itu melintas di Atlantik Selatan, dan masih sempat berkomunikasi dengan kapal lain. Tapi pada hari itu juga kapal hilang.

Sempat ada cerita-cerita soal ‘Kapal Hantu’ yang terlihat samar di kabut di perairan. Tapi pencarian di perairan yang penuh es itu tak membuahkan hasil. Setahun berlalu dan pencarian masif sudah dilakukan, tapi nihil.

1872, lenyapnya kru kapal dagang Mary Celeste

Kapal dagang Mary Celeste ditemukan oleh kapal dagang Inggris, Dei Gratia, di perairan Pulau Azores, Portugal, pada 1872. Saat ditemukan terombang-ambing di laut, tak ada seorang pun dalam kapal, termasuk sekocinya. Logistiknya tercatat baru diisi 10 hari sebelum ditemukan. Ia meninggalkan New York menuju Genoa, sebulan sebelum ditemukan.

Muatannya, berupa minuman alkohol, juga masih utuh. Begitu juga dengan barang-barang milik nahkoda dan kru. Sampai kini tak diketahui nasib nahkoda dan anak buah kapalnya.

Berbagai teori bermunculan soal hilangnya para pelaut itu. Ada yang bilang mereka hilang di laut akibat efek alkohol, terkena gempa bumi dasar laut, diserang oleh cumi-cumi raksasa, atau ada serangan paranormal. Kisah Mary Celeste banyak diceritakan kembali dalam bentuk karya fiksi, seperti film, novel, dan sebagainya.

1937, penerbang solo Earhart hilang tanpa bekas

Amelia Mary Earhart adalah seorang penerbang pelopor Amerika Serikat, yang hilang dalam sebuah penerbangan solo melintasi bola Bumi pada 2 Juli 1937. Dia diperkirakan hilang di dekat Pulau Howland di Samudera Pasifik. Tapi hingga kini dia tak ditemukan.

Earhart banyak melakukan penerbangan solo. Prestasinya antara lain menjadi perempuan pertama yang terbang solo melintasi Samudera Atlantik. Dia juga menulis buku tentang pengalaman penerbangannya, dan menjadi dasar berdirinya The Ninety-Nines, organisasi bagi pilot perempuan.

Pencarian Earhart terbilang masif pada saat itu. Berlangsung selama kurang lebih 17 hari, pencariannya melibatkan Angkatan Laut dan Penjaga Pantai Amerika Serikat. Pencarian dilakukan melalui laut dan udara, dan menelan biaya US$ 4 juta, yang terbesar dalam sejarah Amerika Serikat saat itu.

Related

World's Fact 5016879803792459816

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item