Ini Asal Usul Penyebab Angka 7 Dianggap Angka Keberuntungan

  Ini Asal Usul Penyebab Angka 7 Dianggap Angka Keberuntungan

Naviri Magazine - Kebalikan dari angka 13 yang dianggap sebagai pembawa sial, angka 7 adalah angka yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan di negara barat, dan juga berbagai belahan dunia lainnya. Lalu bagaimana angka 7 bisa dianggap sebagai angka sakral pembawa keberuntungan? Ini penjelasannya.

Menurut cerita, angka 7 telah mempesona sejak zaman dahulu kala. Di China, angka 7 dihubungkan dengan kehidupan gadis, di mana gadis mempunyai gigi susu pada usia 7 bulan dan tanggal (lepas) pada usia 7 tahun. Dalam 2 x 7 tahun, “roda yin” membuka ketika ia mencapai masa puber, dan pada 7 x 7 = 49 datanglah masa monopause.

Kesakralan angka 7 tidak ditemui di Amerika pra-Columbian, dimana bangsa Maya percaya bahwa pada 7 lapis langit, dan menganggap 7 sebagai angka penjuru mata angin.

Dalam agama Yahudi (agama sebelum Nabi Ibrahim, atau agama pada zaman sebelum Masehi), hari ke 7 menjadi hari libur suci, sehinga disakralkan. Pada hari ke 7 itu larangan bekerja diubah menjadi perintah.

Dalam kitab Perjanjian Lama penuh angka 7. Pada generasi ke 7 setelah Adam, hiduplah Lamech (silsilah dari Adam) selama 777 tahun, dan harus membayar dendam selama 777 tahun (Kejadian: 4.24).

Tujuh tahun langkah menuju Kuil Sulaiman berhubungan dengan 7 cerita tentang kuil-kuil Babilonia. Lalu merpati Nuh menghilang selama 7 hari, dan tanda-tanda datangnya muncul selama 7 hari, sementara sungai Eufrat terbagi menjadi 7 aliran.

Pada abad ke-14, sejarawan Mesir, al-Maqrizi, mengatakan bahwa orang-orang kristen di Mesir (Koptik) merayakan 7 pesta besar dan 7 pesta kecil di gereja mereka. Pesta yang dilangsungkan adalah 7 untuk pesta kesenangan dan 7 untuk pesta kesedihan.

Oleh karena itu, dalam musik renaisans terdapat sejumlah lagu dengan 7 suara, yang biasanya dipersembahkan kepada Perawan Maria, atau berkaitan dengan 7 pahala Roh Kudus.

Angka 7 juga banyak dijumpai di India. Menurut cerita, angka 7 adalah angka terpenting di Weda, selain angka 3. Angka 7 secara khusus berkaitan dengan Agni, dewa Api, yang memiliki 7 istri, ibu, atau adik, serta 7 api, balok atau lidah, dan lagu-lagu yang diperuntukkan baginya berjumlah 7. Dalam kepercayaan mereka, dewa matahari mempunyai 7 kuda penarik kereta di langit.

Sementara itu, Buddha (Sidharta Gautama) yang baru lahir, diyakini oleh pengikutnya, ketika lahir langsung menapak 7 langkah. Ia mencari keselamatan selama 7 tahun, dan mengitari pohon bodhi selama 7 kali, sebelum duduk bermeditasi di bawahnya. Masih menurut cerita, Syurga Buddha mempunyai 7 teras, 7 karya keagamaan akan membawa manfaat bagi orang-orang yang mempercayai kehidupan.

Dalam ilmu pengetahuan, angka 7 adalah dasar dari akumulasi angka yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari 7 atom, 7 partikel terkecil, dan seterusnya.

Dalam Islam, yang menarik dan untuk dicatat, surah pertama dalam Al-Qur’an, Al-Fatihah, mempunyai 7 ayat. Kalimah Syahadat dalam Laa Ilaaha ilaa Allaah, Muhammad rasul Allah, terdiri dari 7 kata. Menurut Al-Qur’an, Tuhan menciptakan langit dan bumi menjadi 7 lapis.

Lalu Thawaf mengelilingi Ka’bah di Mekkah dilakukan sebanyak 7 kali, demikian juga dengan lari-lari kecil (Sa’i) antara Shafa dan Marwah. Pada akhir haji, dekat Mina, setan dilempar 3 kali, masing masing dengan 7 buah kerikil kecil, yang lazim disebut melempar jumroh.

Angka 7 juga disukai oleh kaum Sufi. Tasawuf memperbincangkan 7 Lathaaif, atau titik-titik subtil pada tubuh tempat kaum Sufi memusatkan kekuatan spiritualnya.

Dalam tradisi Jawa, ada moment tertentu yang berhubungan dengan angka 7. Sebagai contoh, ketika orang hamil sudah usia 7 bulan, maka diadakan selamatan dengan istilah “tingkepan” (tujuh bulanan). Lalu pada bayi yang telah berusia 7 bulan, maka ada prosesi yang dinamakan turun tanah.

Mungkin karena banyaknya kemunculan angka 7 dalam berbagai kejadian penting dari berbagai ajaran agama di dunia, lama kelamaan angka 7 dianggap sebagai salah satu angka suci, dan dianggap membawa keberuntungan. Dan menjadi angka yang paling sering digunakan orang-orang hingga saat ini.

Related

Mistery 7033573728938544558

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item